Komputer Tidak Mengeluarkan Suara, Bukan Karena Masalah Driver Sound Card


Advertisement


Sesaat setelah menginstal Windows, tentu langkah selanjutnya adalah mencari software driver untuk masing-masing hardware dari komputer yang baru saja di instal kan, seperti driver sound card, VGA card, dan LAN card driver. Masih enak kalau PC yang kita instal jenis drivernya ada dalam pack cd installer, kalau tidak, tentu harus melakukan pencarian manual di internet. Dan hal ini justru yang memakan banyak waktu, kecuali PC merek2 tertentu yang sudah kita hafal di luar kepala.

Alternatif lain cara cepat mencari driver saat melakukan instalasi biasanya saya mengumpulkan list software driver yang sudah di download, kemudian di jadikan dalam satu cd driver. Atau cara lain yaitu dengan menggunakan free software untuk mendetect driver yang sesuai untuk hardware sebuah PC, software gratisan tersebut namanya adalah 3DP CHP.

Saya mengetahui software tersebut atas saran dari seorang teman, yang kebetulan adalah seorang teknisi. Ternyata 3DP CHIP cukup membantu dan menghemat waktu yang terbuang sia-sia untuk browsing mencari driver di internet.

Tapi kemarin saya menemukan kendala dalam menginstal salah satu PC Intel Celeron 1.xx GHz. Untuk VGA cardnya sih gak masalah, tapi setelah selesai instal ternyata tidak ada driver yang sesuai dengan sound cardnya. Sudah mencoba barkali-kali ganti driver tetap saja sama, hardware sound card tidak mau detect.

Cara praktis mencari driver menggunakan bantuan 3DP CHIP pun saya coba, tapi masih belum berhasil. Setelah bosan mencari, ternyata masalah yang sebenarnya sangat sepele, yaitu cuma karena socket speaker bagian depan yang berada di dalam body PC belum di pasang, atau jack eksternal speaker belum di colokkan.

Advertisement

{ 2 Comments... read them below or add one }

datox said...

hahahahahahaha.ternyata cm itu mas.

tips bisnis online said...

makasih banyak

Post a Comment