Kalau Laptop Tiba-Tiba Mati Sendiri


Advertisement


Beberapa pengguna pernah mengeluhkan tentang laptop mereka yang mengalami kerusakan mendadak, yaitu saat sedang di pakai, laptop tiba-tiba mati sendiri. Awalnya sebagian orang menyimpulkan kalau masalahnya ada pada software, tapi setelah di teliti ternyata kerusakan hardware-lah yang menyebabkan notebook tiba-tiba mati sendiri.

Tindakan awal saat laptop rusak dengan gejala mati secara tiba-tiba adalah dengan melihat apakah kondisi laptop mengalami panas yang berlebihan. Kalau memang laptop mengalami panas tinggi (overheating), maka sebelum mati biasanya ada indikator bunyi beep beberapa kali.

Yang perlu dilakukan adalah meneliti apakah kipas/ fan prosessor berfungsi dengan baik. Untuk mengetahinya Anda bisa membalikkan body laptop sehingga bagian belakang laptop berada di atas, dimana letak fan prosessor biasanya di tandai dengan lubang-lubang kecil tempat sirkulasi udara. Anda dapat meresakan dengan tangan, apakah fan tersebut masih berputar atau tidak.

Namun jangan tergesa-gesa mengambil kesimpulan, karena pada beberapa model laptop, fan prosessor di setting akan berputar kalau sudah mencapai suhu tertentu. Kalau sudah dapat di pastikan bahwa kipas prosessor yang bermasalah, maka Anda dapat menggantinya dengan membeli yang baru.

Selain kerusakan pada fan prosessor, hal lain yang dapat menyebabkan laptop mati tiba-tiba adalah sirip pendingin prosessor yang tidak terpasang sempurna. Anda bisa mengeceknya dengan melepas dan memasangnya kembali. Kalau masih juga belum di temukan masalah dari kerusakan laptop Anda, sebaiknya segera membawanya ke service center terdekat.

Jangan lupa baca juga pembahasan tentang bagaimana cara mengganti hard disk laptop rusak.

Advertisement

{ 6 Comments... read them below or add one }

Tip Trik Computer said...

Thanks Infonya sob
Sangat Bermanfaat

Anonymous said...

ane tambahin kipas aja nih bro...

Muhammad Badriansyah Putra said...

bgus bnget gan infonnya
sederhana namun simple
thanks gan

Rif Nurdan said...

mantep gan, thanks so much . . .

Saipul Rahim said...

iya gan.... klo pke beberapa menit ato 1-2 jam, laptop panas N mati sendiri....

makasih infonya gan...
ntar ane cek dulu kipasnya.

Sigadgetiz said...

saya juga mengalami hal yang sama. laptop saya juga kadang kadang hampir setiap hari mati sendiri. apa mungkin karena kipas laptop saya banyak debu ya mas?

Post a Comment