Fungsi LAN Card


Advertisement


Fungsi LAN Card. Pengertian LAN (Local Area Network) adalah sebuah jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah kecil. Jaringan LAN biasanya hanya mencakup satu gedung atau rumah, misalnya jaringan LAN di kantor, hotel, bandara, warnet, atau di dalam rumah.

Pada sebuah jaringan LAN, kecepatan transfer datanya dalam kisaran 10, 100, atau 1000 Mbit/second. Teknologi yang paling banyak di gunakan dalam jaringan LAN adalah teknologi IEEE 802.3 Ethernet di mana hardware yang di gunakan biasa di sebut LAN card. 

Fungsi LAN card atau fungsi ethernet card adalah untuk menghubungkan antara komputer satu dengan yang lainnya dalam sebuah jaringan LAN, melalui LAN ini setiap komputer dapat saling bertukar data maupun mengakses perangkat keras seperti printer, tentu saja untuk dapat saling bertukar informasi antar komputer di perlukan setting-tertentu.

Saat ini banyak jenis dan merek dari LAN card yang tersedia di pasaran, untuk menggunakannya tentu saja harus kompatible dengan motherboard dan menginstal software drivernya. 

Selain LAN card, komponen yang tidak kalah penting dalam sebuah komputer adalah CPU atau prosessor, untuk mengetahui lebih lanjut tentang CPU silahkan baca artikel sebelumnya mengenai Fungsi CPU.


Advertisement

{ 2 Comments... read them below or add one }

osa rosada said...

Thank ya bermanfaat sekali

fara yunialdina said...

ini bisa menjadi preferensi bagi saya

Post a Comment