Fungsi CPU


Advertisement


Fungsi CPU | Pengertian CPU. Apabila kita bicara tentang CPU maka tentu tidak akan lepas dari adanya keyboard, mouse, dan perangkat komputer lainnya seperti monitor, kabel data, speaker, power supply, dll. Central Processing Unit (CPU) adalah sebuah perangkat keras pada komputer yang berfungsi sebagai media pemrosesan segala perintah dan data dari perangkat lunak komputer. CPU juga sering di sebut dengan istilah processor kalau dalam bahasa sehari-hari. CPU marupakan komponen terpenting dalam sebuah unit komputer, meskipun sebenarnya masih banyak perangkat lain yang berkerja bersamaan dalam menjalankan sebuah komputer seperti RAM, Harddisk, dll.

Lalu apa fungsi CPU sebenarnya? Fungsi processor atau fungsi CPU adalah mengolah data logika dan aritmatika dari software maupun perintah yang di berikan melalui perangkat keras (hardware) seperti keyboard, mouse, cd rom, dll. Kerja CPU di kendalikan menggunakan gabungan perangkat lunak (software) yang terdapat dalam media penyimpanan seperti harddisk, cd rom, dll.

Kalau terjadi kerusakan pada bagian CPU, maka dapat mengakibatkan komputer hang atau bahkan tidak menampilkan display. Selengkapnya tentang apa itu hang dapat membaca tulisan pengertian komputer hang dan error. Sedangkan info tentang RAM dapat di lihat pada tulisan terdahulu tentang jenis dan pengertian RAM.



Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment