Cara Mengganti Hard Disk Laptop Rusak


Advertisement


Memiliki laptop kadang juga perlu sedikit mengetahui seluk beluknya, contohnya saat akan mengganti harddisk laptop, mungkin Anda masih bingung bagaimana cara mengganti hard disk laptop rusak atau melepas hard disk laptop hanya sekedar untuk upgrade ke kapasitas yang lebih besar.

Dalam memperlakukan laptop tidak sama dengan PC dekstop, karena casing dan sparepart di dalamnya lumayan kecil dan mudah rusak. Jadi harus berhati-hati saat kita membuka casingnya. Nah berikut ini kurang lebih urutan tentang cara membongkar hard disk notebook, semoga dapat membantu.

  1. Pertama, letakkan laptop di atas meja yang sudah di beri alas kain lembut atau busa, dalam hal ini laptop di letakkan dalam posisi terbalik, sehingga bagian body belakang laptop berada di atas.
  2. Kemudian cari cover penutup hard disk laptop yang biasanya terletak di bagian bawah body laptop. Penutup hard disk juga memiliki simbol tertentu untuk mempermudah dalam mengidentifikasikannya.
  3. Setelah menemukan lokasi hard disk, kemudian buka sekrup pada penutupnya. Hati-hati saat membuka, karena sekrup laptop memiliki ukuran unik tersendiri, pastikan obeng yang di gunakan sesuai sehingga tidak merusak sekrup.
  4. Nah, sekarang hard disk sudah terlihat, tapi masih terpasang dalam casing khusus. Parlahan angkat/ cabut hard disk beserta casingnya keluar dari body laptop.
  5. Kemudian lepas semua sekrup pada casing hard disk, dan pasang hard disk baru yang akan di gunakan untuk mengganti. Hati-hati dalam memasang balik sekrupnya.
  6. Masukkan hard disk ke dalam laptop, kencangkan ke dalam konektor.
  7. Tutup kembali cover luar hard disk, pasang sekrupnya. Selesai.

Demikian tadi kurang lebih cara membuka hard drive laptop dan cara memasangnya kembali. Pada model laptop tertentu kadang memiliki cover unik, sehingga mungkin saja cara mengganti hard disknya tidak sama.



Advertisement

{ 2 Comments... read them below or add one }

Anton Wijaya said...

Nanti ko hard disk laptop saya rusak, dikirim mas dwi aja lah.hehee

Oh ya mas dwi, dah lama ngga berkunjung ke sisilain.net rasanya begitu brbeda keetika liat stat, keren abis. gimana caranya tuh, sampe ribuan pengunjung?

Dwi said...

OK mas, hehe

cara natural mas, sama rajin update posting..

Post a Comment