Cara Memperbaiki Remote Control Rusak


Advertisement


Remote control yang rusak memang agak sepele, misalnya pada televisi, kalau remote-nya rusak cukup membeli universal remote control yang tersedia di pasaran maka selesai sudah permasalahan. Tapi pernahkah terfikir bagaimana cara memperbaiki remote control rusak?

Kalau kita bisa mengutak-atik remote control tentu akan lebih menghemat pembelanjaan untuk beli remote control yang baru, selain itu sebagian merek TV atau DVD tidak menyediakan remote yang sesuai atau tidak dapat di ganti dengan remote universal.

Nah tidak ada salahnya kita coba bongkar sendiri dan sevice remote control yang rusak tadi, yang pertama di lihat tentu saja baterainya. Pastikan kalau baterai masih bagus. Kemudian periksa apakah terminal baterai yang terhubung dengan PCB solderannya ada yang renggang, lebih baik kalau di solder ulang. Sering di temui remote yang rusak gara-raga crack pada solderan terminal baterai tadi.

Kemungkinan lain adalah tombol/ keypad yang terbuat dari karet dan memiliki lapisan karbon (lapisan berwarna hitam), tombol ini kalau terlalu lama di pakai bisa aus pada lapisan konduktornya. Cara mengakalinya adalah dengan melapisi bagian yang berwarna hitam (yg nantinya bersentuhan dengan jalur PCB), yaitu melapisinya dengan bahan konduktor. Lebih mudahnya dengan kertas bekas bungkus rokok yang memiliki lapisan berwarna kuning. Kertas tadi di gunting sesuai ukuran tombol kemudian di lem menggunakan power glue. Cara ini cukup mak nyuss untuk mengakali tombol remote bahkan tombol keyboard sekalipun.

Yang terakhir adalah kerusakan pada lampu infrared yang bentuknya mirip lampu LED (baca juga: pengertian LED), dan pada kristalnya. Kalau bagian ini rusak ya harus di belikan sparepart yang baru.




Advertisement

{ 4 Comments... read them below or add one }

Fidelis said...

saya punya remote untuk MP3, remot saya bekerja secara normla, kecuali 3 tombol, yaitu vol up, vol down, dan eq, klo saya cek di kristal, smua tombol saat saya tekan ada tegangan di kaki kristal, termasuk 3 tombol tersebut, tapi klo pas di tes pake kamera hp, infrared tidak menyala pada saat ketiga tombol tersebut di tekan, tetapi klo tombol yg lain nyala, padahal saya sudah coba bersihkan semua jalur pcb dan karbon pada tombol maupun pcb yg aus sudah saya tambal pakai pensil, semua jalur pun sudah saya cek tidak ada yg putus, itu knp ya ?, thx, fidelisandryanushm@live.com

Dwi Jo said...

@ Fidelis: Kalau melihat kerusakannya sepertinya yang bermasalah pada pemrogramannya, karena bagian tegangan sudah normal. Tidak banyak pilihan kalau sudah seperti itu, biasanya bagian ICnya yang rusak.

Zona iklan massal said...

Thanks infonya, setelah saya coba langkah2 diatas akhirnya reomte tv saya berfungsi lagi. Trimakasih banyak gan

heidelberger said...

gan aku baru beli tv baru 3 hr remote gak fungsi tp lampu led d tes pake kamera nyala tp tetep gak bisa d gunakan kira2 yg perlu d ganti apanya ya

Post a Comment