Cara Membuat Televisi


Advertisement


Cara membuat televisi atau cara merakit TV sebenarnya tidak susah. Cara membuat televisi yang di maksud di sini bukan membuat rangkaian televisi mulai dari PCB kosong terus di gambar, lalu di larutkan dan mengisi komponennya satu-satu, tapi yang saya maksud cara membuat televisi adalah cara merakit pesawat televisi khususnya menggunakan mesin TV China yang di jual di pasaran dan CRT monitor sebagai tabung layarnya.

Jadi yang perlu di siapkan adalah mesin TV China satu set, baik 1 IC maupun 2 IC, CRT monitor bisa 14-17 inch, cover TV bisa membelinya di pasaran sepertinya tersedia, dan kelengkapan lain seperti speaker, kabel, dll.

Pertama-tama yang perlu di lakukan untuk membuat televisi adalah modifikasi CRT monitor agar DY (defleksi yoke) dari CRT tersebut sesuai untuk di gunakan pada TV. Pada CRT monitor memiliki DY yang lebih rendah dari 130-300 uH, kalau tidak di rubah terlebih dahulu maka akan membuat rangkaian horizontal pada TV terbakar. Cara modifikasi yoke CRT monitor agar sesuai dengan DY TV adalah dengan mengubah nilai lilitan yoke horizontalnya. Ada pin-pin tertentu pada CRT monitor yang kalau di rubah maka DY yang di hasilkan menjadi lebih tinggi, silahkan ukur dengan LCR, kalau nilai DY susah sesuai dengan kebutuhan mesin TV (sekitar 800-1000 uH) maka CRT monitor sudah siap di gunakan.

Langkah selanjutnya adalah merakit mesin TV dengan komponen lain seperti speaker, cover, kabel-kabel kecil, menyesuaikan pin CRT, mengatur lebar-tinggi gambar, sampai melakukan kalibrasi warna dan pengaturan channel. Langkah-langkah tersebut lebih detailnya dapat di ketahui kalau kita sudah mempraktekannya.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment