What Is Solar Energy? (Pengertian Tenaga Surya)


Advertisement


What Is Solar Energy? Pengertian Solar Energy. Solar energy atau tenaga surya adalah energi dari matahari, tanpa adanya energi dari matahari maka semua kehidupan di bumi akan berakhir. Energi matahari telah dipandang sebagai sumber energi yang dapat digunakan dalam jangka panjang selama bertahun-tahun karena sejumlah besar energi tersedia bebas, jika dimanfaatkan oleh teknologi modern maka akan dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebuah contoh sederhana dari kekuatan matahari dapat dilihat dengan menggunakan kaca pembesar untuk memfokuskan sinar matahari pada selembar kertas. Tak lama kemudian kertas akan menyatu menjadi kobaran api. Contoh tadi adalah salah satu cara menggunakan energi matahari, tetapi dengan wujud api maka akan berbahaya dan sulit dikendalikan. Cara lain yang jauh lebih aman dan praktis untuk memanfaatkan energi matahari adalah dengan menggunakan kekuatan matahari untuk memanaskan air.

What Is Solar Energy? (Pengertian Tenaga Surya)

Sebuah kaca pembesar dapat digunakan untuk memanaskan sejumlah kecil air.Sepotong pendek tabung tembaga disegel di satu ujung dan diisi dengan air. Sebuah kaca pembesar kemudian digunakan untuk memanaskan pipa. Menggunakan lebih dari satu kaca pembesar akan meningkatkan suhu lebih cepat. Setelah waktu yang relatif singkat suhu air meningkat, selanjutnya pamanasan air akan menyebabkan uap air muncul di bagian atas tabung. Secara teori, dengan cukup kesabaran, beberapa kaca pembesar dan panas cahaya matahari yang cukup kuat dapat dipergunakan untuk mendidihkan air, menghasilkan uap. Ini adalah salah satu cara memanfaatkan tenaga surya.

What Is Solar Energy? (Pengertian Tenaga Surya)

Panel surya modern adalah kombinasi dari kaca pembesar dan pipa berisi cairan.Panel surya yang terlihat berlawanan memiliki kaca depan yang khusus dibuat untuk memfokuskan kekuatan matahari pada pipa di belakangnya. Pipa-pipa membawa cairan khusus akan memanas dengan cepat. Panel surya tersebut dicat hitam untuk menyerap panas dari matahari. Permukaan reflektif perak di belakang pipa memantulkan kembali cahaya matahari, melanjutkan pemanasan pipa dan cairan yang dikandungnya.Permukaan reflektif juga melindungi sesuatu di belakang panel surya (seperti atap).

What Is Solar Energy? (Pengertian Tenaga Surya)

Panas yang dihasilkan di dalam pipa ini kemudian digunakan untuk memanaskan tangki air. Proses seperti ini lebih menghemat penggunaan listrik atau gas untuk memanaskan tangki air.

Referensi: http://www.technologystudent.com/energy1/solar1.htm

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment