Sumber Energi Alternatif | Alternative Energy Sources


Advertisement


Ada banyak alasan mengapa kita perlu mencari sumber energi alternatif. Dengan semakin banyaknya negara-negara maju maka resiko polusi dan kerusakan lapisan ozon yang disebabkan oleh efek rumah kaca juga semakin tinggi.

Alternatif energy sources atau energi alternatif adalah solusi tepat untuk mengurangi kerusakan yang terjadi dari polusi akibat pemakaian energi pokok yang terus-menerus dan semakin meningkat tiap harinya. Sebagai contoh adalah kendaraan bermotor yang mengeluarkan gas buang yang cukup beracun, akan lebih baik kalau kita budayakan berkendara yang tingkat pencemarannya rendah, seperti sepeda atau mengembangkan kendaraan dengan bahan bakar gas atau listrik.

Sebenarnya sumber energi alternatif cukup banyak tersedia disekitar kita, murah dan tentu saja lebih ramah lingkungan. Sumber daya yang dapat dimanfaatkan sebagai energi alternatif tersebut di antaranya:
  1. Kincir angin, mungkin dalam pelajaran sekolah sudah diterangkan tentang kegunaan kincir angin sebagai penghasil energi atau pembangkit listrik. Kalau dikembangkan dengan kemajuan teknologi saat ini, kincir angin sangat mungkin dijadikan sebagai pembangkit listrik generasi selanjutnya atau pembangkit listrik tenaga angin.
  2. Solar power atau tenaga surya, salah satu sumber energi yang murah meriah dan mudah kita dapatkan adalah solar power. Bahkan hampir tidak ada pencemaran yang ditimbulkan oleh perangkat solar cell yang digunakan untuk mengubah energi matahari menjadi arus listrik. Selengkapnya tentang solar power bisa membaca tulisan terdahulu di: What is solar energy?.
  3. Geothermal energy atau energi panas bumi, juga alternatif lain yang bisa digunakan untuk menggantikan sumbar energi saat ini, dimasa mendatang, geothermal enery sepertinya merupakan pilihan yang tepat untuk digunakan sebagai sumber energi alternatif.
Dari beberapa sumber energi alternatif di atas tentunya ada kekurangan dan kelebihan masing-masing, juga kemungkinan sesuai atau tidaknya untuk diterapkan pada suatu wilayah atau negara. Tapi mengurangi tingkat pencemaran bumi dengan mencari energi lain sebagai sumber energi masa depan tentu akan membantu melestarikan planet ini.



Advertisement

{ 1 Comments... read them below or add one }

GravityPower generator said...

Senang mendengar kemajuan pemikiran tentang energy alternatif. Coba deh lihat di www.gravitypower-generator.blogspot.com , di ssana ada keterangan dan tenaga gravitasi yg sudah bisa dirubah menjadi electrik dengan daya besar.

Post a Comment