Pengertian Penyakit Herpes (Cacar)


Advertisement


Penyakit Herpes kalau dalam bahasa sehari-hari biasa disebut penyakit cacar, penyakit herpes adalah sejenis penyakit radang pada permukaan kulit, dengan tanda-tanda terjadi gelembung-gelembung kemerahan berair yang timbul berkelompok pada permukaan kulit.


Secara umum, penyakit herpes dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu:
  1. Herpes Genetalis, penyakit herpes genetalis timbul akibat adanya infeksi atau peradangan pada kulit, terutama dibagian vagina, penis, pintu dubur/ anus, pantat, dan selangkangan. Penyebab penyakit herpes genetalis adalah virus herpes simplek.
  2. Herpes Zoster, gejala penyakit herpes zoster adalah timbulnya gelembung cairan hampir merata pada seluruh bagian tubuh, penyebab penyakit herpes zoster adalah virus varicella-zoster.

Pengobatan Penyakit Herpes

Untuk menyembuhkan penyakit herpes yang paling penting adalah menjaga gelembung cairan agar tidak pecah supaya tidak meninggalkan bekas dan menjadi jalan masuk bagi kuman yang lain, yaitu dengan cara pemberian bedak talk agar kulit menjadi licin

Obat yang diberikan pada pasien penyakit herpes ditujukan untuk mengurangi keluhan gejala yang ada seperti nyeri dan demam, misalnya diberikan paracetamol. Pada kasus yang lebih serius pengobatannya adalah dengan melakukan terapy infus Acyclovir. Sebagai pencegahan penyakit herpes sebaiknya seseorang mendapatkan imunisasi vaksin varisela zoster.

Advertisement

{ 2 Comments... read them below or add one }

Said Arsyad said...

herpes? wah bahaya tuh.
bedanya herpes dengan cacar air pa ya?
salam kenal ya.

Meutia Halida Khairani said...

baca ini pas bgt, temen saya kena cacar air. semalem demam tinggi dan muncul gelembung2 di badannya..

Post a Comment