Pengertian Jaringan Internet


Advertisement


Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang pengertian jaringan internet. Internet, adalah sesuatu yang tidak asing lagi dalam keseharian kita. Kebutuhan akan informasi dan layanan-layanan lain sangat cepat diakses melalui internet. Lalu sebenarnya apa itu internet? Apa itu definisi jaringan internet? Mungkin kita tidak begitu peduli dengan asal-usul atau pengertian internet, tapi tidak ada salahnya kita bahas siapa tau kelak akan ada teman kita yang memerlukan informasi tentang internet.

Nama internet sendiri adalah kependekan dari kata Inter Networking yang artinya hubungan antar jaringan komputer. Internet adalah jaringan komputer yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia , sehingga terbentuk ruang maya jaringan komputer (cyberspace). Jaringan komputer sendiri secara sederhana bisa di artikan sebagai hubungan fisik komputer dengan komputer yang lain melalui sebuah media. Fungsi dasar sebuah jaringan adalah agar bisa saling tukar informasi dan perangkat (file, printer , modem, fax, dll)

Selain terhubung secara fisik , komputer di dalam jaringan juga memerlukan sebuah bahasa internet atau dalam istilah internet disebut protokol, fungsi protokol dalam jaringan internet adalah agar setiap komputer dapat berkomunikasi dengan baik di dalam suatu jaringan. Internet sebagai jaringan komputer memerlukan protokol untuk berkomunikasi , sedangkan protokol yang di gunakan dalam jaringan internet yaitu TCP / IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol) yang di kirim komputer melalui sebuah media pada umumnya line telepone dengan perantara Modem (Modulator Demodelator). Fungsi modem adalah untuk mengubah signal-signal data digital komputer ke dalam nada-nada analog yang di kirim dan di terima melalui line telepone sebagai media.



Advertisement

{ 2 Comments... read them below or add one }

Sukadi said...

internet itu "dunia lain", yang bisa menjadi nyata hehe..

pokonya banyak hal yang sulit di deskripsikan dari internet hehe..

Terimakasih mas.. :)

Gaphe said...

oh baru tahu kalo internet tuh ada singkatannya.. hahaha.. kemana aja yah saya. taunya make doank siih

Post a Comment