Modif Mesin TV Untuk CRT 21 Inch (Gambar Kurang Lebar)


Advertisement
Saat membeli mesin TV China yang dijual dipasaran, mungkin akan menemukan masalah saat dipasangkan pada CRT 21 inch. Yang paling sering adalah gambar di layar CRT menjadi kecil (ukuran horizontalnya kecil). Sebenarnya dalam buku petunjuknya sudah di beritahukan bagaimana cara menambah ukuran gambar agar menjadi besar.

Tapi masalahnya belum tentu kita mendapatkan komponen yang disebutkan disitu, yaitu capasitor mylar yang nilainya sesuai. Kalau sudah begini, jalan alternatif perlu ditempuh agar TV dapat tetap bisa digunakan. Salah satunya adalah mengatur nilai B+ (adjust B+) yang bisa dilakukan pada VR B+ agar ukuran horizontal gambar bertambah besar/ lebar.

Selain mengatur B+ jangan lupa untuk memindahkan pin socket yoke CRT pada posisi yang tepat, yaitu dimana gambar yang dihasilkan adalah paling besar. Walaupun trik memanipulasi B plus ini bisa membantu, tapi jangan berlebihan dalam meng-adjust B plus, takutnya nanti B+ terlalu tinggi sehingga dapat menimbulkan masalah dimasa mendatang.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment