Energi Panas Bumi (Geothermal Energy)


Advertisement


Energi panas bumi atau geothermal energy adalah salah satu pilihan terbaik dalam rangka mengembangkan sumber daya energi cadangan dimasa mendatang, atau sumer energi alternatif (alternative energy sources) demi kelangsungan kehidupan dimasa depan. Sebagai anugerah alam, panas bumi yang merupakan sisa-sisa panas dari hasil aktivitas tektonik sejak awal mula terbentuknya planet bumi dan alam semesta patut kita manfaatkan, salah satunya dengan mengembangkannya sebagai pembangkit listrik.

Energi panas bumi cukup ekonomis dan ramah lingkungan, namun terbatas hanya pada daerah yang merupakan area perbatasan lapisan tektonik.

Pembangkit listrik tenaga panas bumi hanya dapat dibangun di sekitar lempeng tektonik di mana temperatur tinggi dari sumber panas bumi tersedia di dekat permukaan. Pengembangan dan penyempurnaan dalam teknologi pengeboran dan ekstraksi telah memperluas jangkauan pembangunan pembangkit listrik tenaga panas bumi dari lempeng tektonik terdekat. Efisiensi termal dari pembangkit listrik tenaga panas bumi cenderung rendah karena fluida panas bumi berada pada temperatur yang lebih rendah dibandingkan dengan uap atau air mendidih. 

Berdasarkan hukum termodinamika, rendahnya temperatur membatasi efisiensi dari mesin kalor dalam mengambil energi selama menghasilkan listrik. Sisa panas terbuang, kecuali jika bisa dimanfaatkan secara lokal dan langsung, misalnya untuk pemanas ruangan. Efisiensi sistem tidak memengaruhi biaya operasional seperti pembangkit listrik tenaga bahan bakar fosil.




Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment