Belajar Ikhlas


Advertisement


Segala sesuatu yang terjadi disekitar kita kadangkala tidak sesuai dengan keinginan dan harapan kita. Dimana rencana yang sudah tersusun rapi dan pemikiran yang matang seringkali harus terbentur oleh kejadian yang tak terduga. Ya, memang kita hidup di dunia yang serba dinamis, tidak semua rencana dapat berjalan dengan lancar.

Sangat banyak faktor lain yang menyebabkan suatu rencana atau keinginan kadangkala harus 'kandas', saat hal itu terjadi pada kita, tidak sedikit yang terus patah semangat ataupun kehilangan kendali untuk tetap menerima keadaan yang sebenarnya.

Ikhlas, sangat susah memang untuk menerapkannya. Terutama bagi saya sendiri, masih sangat jauh dari kategori orang yang dapat selalu ikhlas dengan apa yang menimpa. Kalau membahas soal ikhlas, cakupannya sangat luas dari berbagai segi kehidupan ini.

Tidak jarang suatu peristiwa yang 'hebat' akan meninggalkan bekas mendalam pada jiwa seseorang, sampai pada suatu keadaan yang sangat labil seseorang bisa kehilangan halauan hidup. Ya, kalau kita dihadapkan pada keadan seperti itu, kata-kata 'ikhlas' mungkin akan sedikit menghibur.

Bagaimanapun kita harus belajar ikhlas menerima kenyataan, Tuhan pasti sudah memiliki rencana tersendiri untuk kita, yang terbaik. Walaupun untuk belajar ikhlas harus mampu bergelut dengan ego dan perasan dalam diri.

Advertisement

{ 1 Comments... read them below or add one }

Asop said...

Belajar ikhlas... jadi ingat film "Kiamat Sudah Dekat" yang diperankan oleh Andre Taulany dan Dedy Mizwar yang dulu... :)

Post a Comment