Bagian Bagian Kamera


Advertisement


Bagian bagian kamera ada beberapa macam, yang merupakan kesatuan yang sangat mempengaruhi fungi dari kamera. Suatu kamera terdiri dari beberapa bagian penting, diantaranya:

1. Badan kamera (kotak kedap cahaya), badan kamera adalah bagian yang benar-benar kedap cahaya. Satu-satunya celah dimana cahaya dapat masuk adalah melalui lensa kamera, dimana melalui lensa ini cahaya yang masuk diatur agar tepat mengenai dan membakar film.

2. Sistem lensa, sistem lensa terpasang pada bagian depan badan kamera, berupa sebuah lensa yang terbuat dari plastik atau kaca. Selain lensa biasa, dikenal juga lensa sudut lebar (wide lens), lensa sudut kecil (tele lens), dan lensa variabel (variable lens, atau orang biasa menyebutnya dengan istilah lensa zoom.

3. Shutter atau pemantik potret, tombol shutter terpasang diantara lensa atau dibelakangnya, kebanyakan jenis kamera SLR memiliki timer untuk mengatur lamanya bukaan lensa secara otomatis.

4. Pemutar film, adalah bagian yang berfungsi sebagai pemutar film sesaat setelah proses pengambilan gambar dilakukan.

Itulah beberapa bagian utama sebuah kamera, selain bagian-bagian tersebut masih ada bagian lain kamera rangefinder, lightmeter, autofocus, dll.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment