Service TV Sharp Piccolo Slim 21 Inch


Advertisement


Mungkin inilah service kerusakan TV paling mudah yang pernah saya kerjakan, yaitu service TV Sharp Piccolo Slim Flat 21 inch. Mengapa saya bilang paling mudah, karena gambar TV Sharp flat ini masih normal, sehingga tidak perlu pusing untuk memeriksa rangkaian TV nya apalagi mempelajari skema TV Sharp ini.

Ceritanya begini, tiba-tiba saat saya habis makan malam ada orang kerumah dan mengeluhkan kalau tvnya bersuara sangat keras, volume depan pada front covernya tidak berfungsi, sedangkan remote control nya sendiri sudah lama mati katanya.

Wah gawat bias-bisa memory nya ngacau kalau volume tidak berfungsi, pikir saya sembari bersiap datang kerumahnya. Setelah sampai dirumahnya benar saja, button volume saya tekan sudah tidak berfungsi sedangkan dari bunyinya kelihatan button masih bagus.

Segera saya buka cover dan berencana untuk menelusuri lebih lanjut bagian PCBnya, tapi waktu saya iseng mengukur button dengan multimeter sambil menekannya, ternyata button sudah tidak dapat berkontak dengan baik. Saya coba menyentuhnya dengan obeng untuk memastikan, ternyata benar suara masih bisa dikecilkan. Akhirnya saya sudahi service TV Sharp Piccolo Slim flat tadi dengan mengganti kedua button volumenya.

Advertisement

{ 5 Comments... read them below or add one }

ingin tahu said...

gaweane mantab..maknyusss

Anonymous said...

mantap,tp mo nany ne. Ad ga.persamaam TR ST1803DHI (tr horisntal polytron)mantap,tp mo nany ne. Ad ga.persamaam TR ST1803DHI (tr horisntal polytron)

4215 said...

Tanya bos nomor str tv sharp picolo model 25EF21MK3

Dwi said...

@ Anonymous: setahu saya agak susah mencari persamaan TR horizontal Polytron. kalau saya biasanya kanibal dari mesin lain yg sudah rusak.

@ 4215: saya tidak hafal mas, nanti kalau dapat sharp piccolo saya update tulisannya.

sangga langit said...

str shrap picolo slim 21es251e2 brp nomernya y gan?

Post a Comment