Cara Service Charger Notebook Mati Total


Advertisement


Setelah kemarin ngomongin tentang pengalaman saya memperbaiki charger handphone, kali ini yang akan kita bicarakan adalah cara service charger notebook mati total. Biasanya kalau charger laptop rusak tidak terfikir untuk mengetahui bagaimana cara memperbaiki-nya kan?

Pasti lebih memilih untuk membeli yang baru, di samping praktis juga tidak perlu repot-repot bongkar charger. Tapi tidak ada salahnya memanfaatkan kembali barang yang sudah tidak terpakai agar kembali mempunyai nilai guna, seperti memperbaiki charger notebook yang sudah rusak.

Sebenarnya kalau kita sudah tau tentang elektronika tidak akan menemui kesulitan untuk memperbaiki charger laptop, karena pada dasarnya komponen di dalamnya sama saja, yaitu rangkaian power supply yang menggunakan system ACmatic.

Kerusakan yang sering terjadi-pun juga tidak jauh berbeda dengan adaptor-adaptor lain, yaitu mati total, ya jelaslah namanya juga power supply, kalau gak mati pasti menyala normal.. :D. Komponen yang rusak mulai dari fuse, resistor fuse yang nilai tahanannya rendah, transistor, sampai pada bagian IC power. Untuk lebih jelasnya dapat di lihat pada saat kita sudah mempraktekkannya sendiri, karena komponen pada setiap charger/ adaptor notebook rusak mungkin sedikit berbeda.

Advertisement

{ 3 Comments... read them below or add one }

Gaphe said...

bener sih, beli baru lebih praktis meski harganya mahal

DenBaGas said...

Salam

Nice info kawan..
Yups, beli baru tapi ngga ada salahnya merawat yang lama, tergantung si empunya keputusan..

Salam kawan

OEN-OEN said...

wah aq g nyambung boz klo masalah servis chager, secara harganya juga sekarang udah murah-murah, jadi beli baru lagi aja daripada diservis,hehe..


btw boz ada award nih, ambil ya di tempatku, no:12, thanx : http://jalanjalandingin.blogspot.com/2011/06/bagi-bagi-award-buat-sobat.html

Post a Comment