Bahaya Naik Motor Tidak Memakai Helmet


Advertisement
Banyak pengendara sepeda motor seringkali menyepelekan masalah pemakaian helmet. Apalagi jarak yang ditempuh tidak begitu jauh, misalnya di jalan-jalan kecil yang tidak ada polisi, atau dipagi hari saat polisi belum datang. 
Pernah saat saya main ketempat kakak di daerah Jakarta timur, saat pagi-pagi mau pergi kepasar sengaja tidak memakai helm, "gak ada polisi" kata kakak saya.

Ternyata memang rata-rata pengendara sepeda motor dikawasan itu sudah tau kapan bahaya datang (saat polisi keluar), jadi mereka tidak perlu mengenakan helm.

Dari kejadian tersebut dapat kita lihat sepertinya penggunaan helmet tidak lepas dari sangsi polisi belaka, seakan sudah melupakan fungsi helmet yang sebenarnya yaitu untuk melindungi kita saat terjadi kecelakaan yang tidak di inginkan.

Seperti dikampung saya, sangat jarang bahkan hampir tidak ada orang mengendarai sepeda motor dengan helmet dikepala, terkecuali kalau mau pergi ke kota besar yang ada polisinya.

Banyak bahaya yang lebih besar dapat ditimbulkan dari kelalaian kita tidak memakai helm saat bersepeda motor, selain akan mendapat kartu kuning kalau kebetulan lagi apes ketemu polisi, yang lebih parah kalau kita mengalami hal-hal yang tidak di inginkan, bisa-bisa langsung ketiban kartu merah.

Membiasakan diri untuk selalu memakai helm saat bersepeda motor akan lebih baik, tidak peduli dijalan raya, dikampung, ataupun dimana saja, demi keselamatan kita.

Advertisement

{ 5 Comments... read them below or add one }

Meutia Halida Khairani said...

di kampung saya jg gitu. justru saking jarangnya orang pake helm, giliran kita pake, malah diketawain..

Gaphe said...

padahal kalo tau, helm tuh fungsinya kan melindungi diri sendiri.. sayang aja sih, kalo menggunakan helm hanya karena masalah ada nggaknya polisi

Tri Setyo Wijanarko said...

jangankan nggak pake helm, helm yang sudah pernah jatuh saja sudah tidak layak dipakai alias harus diganti karena dianggap sudah tidak akan mampu meredam benturan kalau nanti terjadi kecelakaan.. nah apalagi nggak pake helm.. kepala manusia hanya mampu bertahan terkena benturan tanpa pelindung pada kecepatan 20 km/jam saja.. sekarang dipikir aja, apa pernah kita naik motor kecepatan cuma 20 km/jam? hehe..

joe said...

biasanya kita memakai helm karena takut sama polisi dan bukan karena melindungi diri

DenBaGas said...

Salam

Saya setuju kawan. Helm bukan seperti asesoris tapi helm pelengkap dalam berkendara..

Salam kawan

Post a Comment