TV Akari Gambar Blanking Putih (HELP)


Advertisement


Service TV Akari 14” gambar blanking putih ternyata cukup membikin pusing, tidak seperti kerusakan-kerusakan mati atau tidak keluar tampilan gambar, kerusakan blank putih ini susah juga dipecahkan.

Tanda-tanda kerusakan blanking ini yaitu tidak ada sinkronisasi vertical pada gambar TV, jadi tampilan yang muncul pada layar Cuma gambar putih bercampur biru yang lebih mirip dengan garis-garis horizontal.

Semula saya mengira kerusakan ini disebabkan karena IC osilator yang bermasalah, ternyata setelah IC diganti masih juga tidak terselesaikan. Segala upaya mulai dari re-soldering pada semua bagian PCB sudah saya lakukan, semua tegangan normal, tuner normal, saat soket RGB di-open masih sama saja, dan yang paling kentara dari kerusakan ini adalah VR screen FBT sudah mentok minimal tapi kecerahan layar TV masih seperti setingan normal. Jadi gambar tidak mau tenggelam atau brightness tidak mau digelapkan seperti pada TV normal.

Kira-kira ada yang pernah menemukan kerusakan seperti ini gak ya, bagi para master teknisi mohon bantuannya kalau kebetulan menemukan tulisan ini, bisa share disini.. :D. Saat ini solusi yang saya lakukan adalah menyiapkan PCB TV China, kalau nanti yang punya TV setuju mau saya ganti mesin saja.. :D.

Advertisement

{ 6 Comments... read them below or add one }

jasa pembuatan radio streaming said...

dibawa aja ke tukang service mbak, mereka pasti lebih tau dan bisa memperbaikinya :-)

joe said...

betul, dibawa ke bengkel saja ....

Gaphe said...

nggak pernah punya TV Akari, dan nggak pernah ngalamin kejadian begitu..

#listrik aja belum masuk.. *plaaaak

Pakeko said...

maaf, belum bisa membantu

ingin tahu said...

gmana mas broo..sudah jadi belum tvnya....sori nih baru sekarang baca postinganmu ini...itu kira kira tabungnya yang short...antara g1 dengan screen....bisa dimodif pake lilit heater 3-4 lilit langsung hubungkan ke kaki heater crt nya...dengan catatan lepas tegangan asli heater...ganti dengan tegangan dari lilitan fbt....

Westjava said...

fbt ny gnti bru bos,ane udah ngalamin kasus yg sama..

Post a Comment