Service TV Polytron Rusak Panas Mati


Advertisement


Dapat panggilan dari tetangga desa, tentang TV merek Polytron 21 inch yang rusak mati saat kondisi panas. Mulanya kerusakan cuma seperti open solder, tapi lama-kelamaan TV gambar menjadi terang seperti blanking (over screen) kemudian mati seperti protect.

Yang pertama kali saya curigai adalah bagian sekitar fly back terutama pada tegangan tingginya, kemungkinan ada resistor putus atau kapasitor rusak sehingga menjadikan gambar blanking dan protect.

Bagian sekitar FBT sudah disisir habis tapi masih juga tidak menemukan jawaban, saya jadi curiga pada salah satu elco yang lapisan plastiknya sudah mengelupas, tapi setelah diteliti ternyata elco tersebut adalah elco tegangan 14 volt, jadi tidak mungkin akan menyebabkan kerusakan tersebut, dan ternyata memang elconya masih bagus.

Sebenarnya kerusakan TV Polytron ini hampir sama dengan kerusakan TV Akari pada tulisan saya TV Akari gambar blanking putih, yang akhirnya saya putuskan untuk ganti mesin TV Cina. Bedanya kalau yang ini setelah blanking kemudian TV menjadi protect.

Setengah putus asa saya meneliti bagian video, pada TVPolytron videoboardnya terdiri dari IC video yang menyatu pada blok videonya, bukan seperti TV lain yang kebanyakan menggunakan transistor. Kalau TV Polytron memakai IC seperti pada monitor CRT.

Yang membuat saya curiga adalah pada kaki-kaki IC video tersebut seperti open solder, kemudian saya solder ulang semuanya. Tanpa mengukur tegangannya lalu saya test sebuah lilitan fuse yang bentuknya mirip seperti resistor, belajar dari pengalaman biasanya lilitan fuse seperti itu bisa saja putus. Ternyata benar, lilitan tersebut memang putus, segera saya ganti dengan ‘kanibal’ dari PCB lain yang sembarang

Sekali lagi tanpa mengukur tegangannya TV saya nyalakan, dan ternyata gambar sudah menyala normal tanpa adanya blanking dan protect.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment