Pengertian Autisme (Penyakit Autis)


Advertisement
Pengertian autisme atau penyakit autis/ autisme adalah gangguan perkembangan yang sangat kompleks pada anak, yang gejalanya sudah timbul sebelum anak itu mencapai usia tiga tahun.

Penyebab autisme adalah gangguan neurobiologis yang mempengaruhi fungsi otak sedemikian rupa sehingga anak tidak mampu berinteraksi dan berkomunikasi dengan dunia luar secara efektif.

Gejala yang sangat menonjol adalah sikap anak yang cenderung tidak mempedulikan lingkungan dan orang-orang di sekitarnya, seolah menolak berkomunikasi dan berinteraksi, serta seakan hidup dalam dunianya sendiri. Anak autistik juga mengalami kesulitan dalam memahami bahasa dan berkomunikasi secara verbal.

Disamping itu seringkali (prilaku stimulasi diri) seperti berputar-putar, mengepak-ngepakan tangan seperti sayap, berjalan berjinjit dan lain sebagainya.

Gejala autisme sangat bervariasi. Sebagian anak berperilaku hiperaktif dan agresif atau menyakiti diri, tapi ada pula yang pasif. Mereka cenderung sangat sulit mengendalikan emosinya dan sering tempertantrum (menangis dan mengamuk). Kadang-kadang mereka menangis, tertawa atau marah-marah tanpa sebab yang jelas.

Selain berbeda dalam jenis gejalanya, intensitas gejala autisme juga berbeda-beda, dari sangat ringan sampai sangat berat.

Oleh karena banyaknya perbedaan-perbedaan tersebut di antara masing-masing individu, maka saat ini gangguan perkembangan ini lebih sering dikenal sebagai Autistic Spectrum Disorder (ASD) atau Gangguan Spektrum Autistik (GSA).

Tempat sekolah anak autisme
Komunitas autisme di Jakarta sudah mencapai populasi yang besar dan belum ada sistem pendidikan yang sistematis. Kalaupun ada biayanya mahal atau belum ada sekolah yang benar-benar sesuai. Tidak ada yang salah dalam situasi ini, baik lembaga, orang tua atau para ahli, mengingat masalah autisme ini masih tergolong baru. Penulis hendak menekankan dengan pemikiran yang sederhana tentang penanganan pendidikan autisme secara benar, dapat digunakan oleh semua kalangan, serta dapat membantu memberikan gambaran anak ini akan dibawa kemana. Kondisi yang harus kita terima sangat berat pada saat anak kita divonis autisme seakan semua pintu telah tertutup, semua jalan jadi buntu, semua kesempatan sudah terlambat. Hanya mukjizat yang akan datang dari Allah. Keadaan yang berat timbul pada saat mengetahui anak kita mengalami hambatan dalam perkembangan dan pertumbuhan dan saat anak memiliki cukup umur harus masuk sekolah.

Beberapa lembaga pendidikan (sekolah) yang selama ini menerima anak autis adalah sebagai berikut:
· Anak Autis di sekolah Normal dengan Integrasi penuh
· Anak Autis di sekolah Khusus
· Anak Autis di SLB
· Anak Autis hanya menjalani terapi.

Biasanya sebelum sekolah anak-anak ini sudah mendapatkan penanganan dari berbagai ahli seperti : dokter syaraf, dokter specialis anak (Pediatri), Psikologi, Terapi wicara, OT, Fisioterapi,Orthopedagog (Guru khusus). dengan perkembangan dan perubahan sendiri-sendiri, ada yang maju pesat tapi ada yang sebaliknya.

Kebanyakan sekolah juga belum memiliki jawaban yang baik untuk saat ini. Yang ada orang tua dan guru-guru sekolah harus bekerja sama, bersikap terbuka, selalu komunikasi untuk membuat perencanaan penanganan dengan tehnik terbaik. 

Langkah-langkah penerimaan oleh sekolah:
· Tentukan jumlah anak autisme yang akan diterima misal, dua anak dalam satu kelas dan lain-lain.
· Lakukan tes untuk melihat kemampuan serta menyaring anak
· Setelah tes, wawancara orang tua untuk melihat pola pikirnya, apa tujuan memasukkan anak ke sekolah.
· Buatlah kerangka kerja dan hasil observasi awal.
· Susun bagaimana mengatur evaluasi anak dalam hal: siapa yang
bertanggung jawab mengawasi, menerima complain, periode laporan perkembangan dan lain-lain.
· Buatlah kesepakatan antara orang tua dan sekolah bahwa hasil yang dicapai adalah paling optimal.

Referensi:
# Agus Tri Haryanto, S.Pd.
Konsultan anak berkesulitan belajar dan Pelayanan Autisme
Yayasan Wilakertia, Bintaro
# www.autis.info


Advertisement

{ 5 Comments... read them below or add one }

I-one said...

Mudah2an para orang tua autis membaca artikel ini...

Meutia Halida Khairani said...

hmm, kasian yah.. alhamdulillah ponakan2 saya nggak ada yg autis. semoga nggak pernah ada..

Free Download said...

postingan yang bagus kawan

OBAT HERBAL BIKIN VAGINA PERAWAN said...

Mohon maaf hanya kasih info...
Kini telah hadir obat herbal terbukti bikin vagina kembali seperti perawan dan menyembuhkan keputihan.

Anonymous said...

Salam,ijinkanlah saya memperkenalkan sebuah alat hasil karya anak bangsa dengan daya guna yg luar biasa, alat ini bernama "BRAIN ACTIVATOR", dengan menggunakan gelombang ultrasonik yg sudah disetting sesuai dengan gelombang otak si pemakai (satu alat hanya untuk 1 org). Alat ini bermanfaat sebagai treatment utk memperbaiki sel2 otak khususnya bagi penderita autis, sudah banyak pemakai BRAIN ACTIVATOR khususnya yg berpenyakit autis yg mengalami kemajuan pesat. Untuk info lebih lanjut hub Tim Terapi Medical Alternatif Modern Hikmatul Iman Purwokerto Jateng di no HP 085726264676

Post a Comment