Tanaman Bunga 'Kembang Sepatu'


Advertisement


Pasti pernah melihat jenis tanaman bunga ‘kembang sepatu’ kan? Tanaman ini banyak tumbuh disekitar kebun ataurumah, biasanya sih sengaja ditanam sebagai tanaman hias. Warna bunganya bervariasi, mulai dari merah, putih, dan pink. Kalau didaerah saya, tumbuhan kembang sepatu ini dijadikan seperti pagar hidup, jadi selain sebagai tanaman hias juga memiliki fungsi pagar dipekarangan rumah.

Kembang sepatu

Pohon tanaman ini tidak begitu tinggi, tapi lebih cenderung banyak cabang-cabang rantingnya. Kalau dulu anak-anak kecil paling suka bermain ayun-ayunan pada dahan tanaman kembang sepatu yang sudah besar.

Untuk info lebih detail tentang tumbuhan kembang sepatu berikut petikannya dari Wikipedia.

Kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L.) adalah tanaman semak suku Malvaceae yang berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagaitanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Bunga besar, berwarna merah dan tidak berbau. Bunga dari berbagai kultivar dan hibrida bisa berupa bunga tunggal (daun mahkota selapis) atau bunga ganda (daun mahkota berlapis) yang berwarna putih hingga kuning, oranye hingga merah tua atau merah jambu.

Kalau di Malaysia ternyata tanaman kembang sepatu ini memiliki arti tersendiri, saya pernah melihat simbol dengan tanaman kembang sepatu ini, tapi tidak tahu untuk apa maksudnya. Belakangan ini baru tau kalau di Malaysia sana tanaman ini ditetapkan sebagai bunga nasional dengan namanya bunga raya, wah ternyata bukan bunga sembarangan ya.

Advertisement

{ 9 Comments... read them below or add one }

Celotehan said...

dulu waktu kecil sering banget liat kembang sepatu, sekarang udah jarang bahkan ngga ada dirumah2 ada kembang sepatu :(

joe said...

kok diberi nama kembang sepatu ya, kembang sepatu itu kan kaus kaki? he he

Gaphe said...

hibiscus rosa-sinensis, sebuah pengecualian dalam binomial nomenclature.. karena menggunakan 3 kata. makanya ada tanda strip nya supaya dianggap sebagai dua kata.

hahaha.. maklum, lulusan biologi sih :P

Thanjawa Arif said...

Jika kebetulan tidak punya semir sepatu, bunga ini bisa digunakan, nggak percaya! coba saja!

bisnise mas wira said...

kuk sekarang dah jarang lihat ya tanaman bunga sepatu, padahal dulu pas masih kecil banyak banget..

Meutia Halida Khairani said...

dulu mama saya nanam bunga ini aneka warna. putih, pink, oren, merah, dll

Vivieck said...

hhohohoho
ane datang lagi sob....
dateng2 liat bunga sepatu, wah ajib deh...
hehe

choirunnangim said...

assalamu'alaikum...
wah kembang yang indah sekali...
cara perkembangbiakannya juga mudah ya, lagi pula sampah daunnya mudah terturai pleh tanah...

css anti copas said...

indahnya :)
kebetulan ane nanem itu di pagar rumah
biar cowok ane agak hobi nanem bunga he he
makasih sharenya sobat

Post a Comment