Service TV Sharp Mati (Lampu Indikator Menyala Stand By)


Advertisement


Service TV merek Sharp biasanya lumayan susah, paling tidak memakan waktu lama untuk menemukan solusinya. Tapi tidak untuk service TV Sharp yang satu ini, kemarin saya mendapat servisan TV Sharp 14 inch dengan kerusakan mati/ tidak keluar gambar pada layar CRT. Sedangkan lampu indikator masih manyala merah, menandakan power supply masih bekerja.

Saat melihat sekilas saya curiga, wah jangan-jangan bikin kepala pusing kerusakan yang kayak gini. Penasaran kemudian saya minta remot dari si pemilk TVnya, karena siapa tau dengan mengutak-atik remote control nanti masih bisa membantu.

Ternyata sama saja, malah remote controlnya sudah bukan yang aslinya. Tapi sudah menggunakan remote multi fungsi yang kebanyakan dijual dipasaran, jadinya ada beberapa tombol remote yang tidak berfungsi dengan semestinya.

Habis meneliti remote, saya beralih ke TV, langkah awal saya tekan tombol menu dan program (channel -/+) pada panel depannya. Ternyata TV mau menyala normal, jadi setelah ditekan tombol pemindah channel tadi posisi stand by sudah dapat bertukar menjadi ON.

Hmm.., ternyata kerusakannya Cuma karena kesalahfahaman pemakainya. Hal ini bisa terjadi mungkin karena remote control yang sudah ditukar tadi, jadi saat memencet remote mungkin keliru mengaktifkan timer pada remote, yang akan membuat TV mati secara otomatis dalam beberapa saat. Kayaknya ini adalah service TV paling mudah yang pernah saya kerjakan.

Advertisement

{ 1 Comments... read them below or add one }

Gaphe said...

berefek juga ternyata make remote control yang spek nya nggak sesuai.

hemm.. bisa jadi pelajaran juga nih, kalo ntar punya tipi sendiri.

maklum, selama ini nggak punya tipi. hahaha

Post a Comment