Penyebab Processor Terlalu Panas (Overheating)


Advertisement


Kerusakan pada komputer yang sering di jumpai antara lain penyebabnya karena processor kepanasan (overheating). Penyebab processor terlalu panas ini juga bermacam-macam, tentu saja kalau kita mengetahui penyebabnya maka akan mempermudah untuk menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan komputer overheat.

Ada beberapa hal yang sering menyebabkan processor cepat panas, di antaranya sebagai berikut:
1. Heatsink atau pendingin processor tidak melekat/ menempel dengan sempurna pada body processor. Ada baiknya untuk rutin melakukan pengecekan pada processor apakah heatsink sudah terpasang dengan benar atau terjadi pergeseran.

2. Lonjakan tegangan (overvoltage) sehingga menyebabkan processor terlalu panas, di tambah heatsink dari processor terlalu kecil jadi tidak cukup untuk membuang panas yang berlebihan. Dalam hal ini kita harus cermat dalam memilih power supply (PSU) yang sesuai standart sehingga tidak khawatir akan terjadi lonjakan tegangan karena listrik PLN tidak stabil.

3. Kipas (fan) pada CPU mati atau sudah tidak bekerja dengan optimal. Fan mengambil peranan penting untuk membuang panas yang berlebihan di dalam CPU, kalau fan mati atau perputaran fan sudah menurun, sebaiknya segar dilakukan penggantian.

Kurang lebih itulah hal-hal yang sering menyebabkan processor mengalami panas yang berlebihan yang pada akhirnya akan merusak komputer kita. Untuk menghindari hal-hal tersebut, pengecekan pada komputer secara rutin perlu dilakukan.

Advertisement

{ 2 Comments... read them below or add one }

ijial said...

ane pernah tuh, gak nyadar fan cpu mati, jadi cpu nya jebol

Anonymous said...

prosesor panas bisa juga dari termal pastanya yang kurang bagus. Solusinya pakai termal pasta yg bagusan jangan yang gocengan. hehe

Post a Comment