Pengikisan Tanah Akibat Ulah Manusia


Advertisement
Pengikisan tanah akaibat ulah manusia dapat saja terjadi karena semakin maraknya penebangan liar dan pengrusakan sumber daya flora yang terjadi disana-sini. Memang pada saat ini dampak dari ulah manusia tersebut belum begitu terasa, tapi seiring dengan bergantinya musim dan berjalannya waktu, maka bukan tidak mungkin dimasa depan anak cucu kita akan merasakan dampak dari pengikisan tanah akibat ulah manusia, yaitu ulah dari perilaku kita yang semena-mena terhadap alam pada saat ini.

Untuk menghindari hal tersebut, alangkah baiknya kalau masing-masing dari kita mampu menjaga kelestarian alam sekitar dan memiliki kesadaran yang tinggi untuk peduli terhadap lingkungan, sehingga penghijauan alam tetap terjaga. Kalau kita bisa menerapkan hal ini minimal dari diri kita sendiri, sekecil apapun itu pasti akan memberikan nilai positif sehingga mengurangi resiko tanah longsor, bencana banjir, maupun pengikisan tanah  akibat dari rusaknya keseimbangan alam.

Bumi kita yang hijau ini cukup indah dan memiliki berbagai kekayaan alam, seharusnya kita bersyukur diberi anugerah yang tak tenilai ini. Merusak dan mengambil kekayaan alam dengan semena-mena adalah ciri orang yang tidak tahu berterimakasih kepada-Nya.

Advertisement

{ 1 Comments... read them below or add one }

Gaphe said...

hemm.. kalo bicara soal ulah manusia, kayaknya nggak bakal ada habisnya.. seberapa banyakpun kita ngomong dan ngajak orang lain untuk menjaga lingkungan, tapi kalo nggak dimulai dari diri sendiri juga percuma.

Post a Comment