Merawat LCD Laptop/ LCD Monitor Agar Tidak Cepat Rusak


Advertisement
LCD (Liquid Cristal Display) adalah komponen pada laptop, monitor, HP, atau perangkat elektronika lain yang paling rentan terhadap kerusakan. Hal ini dikarenakan material yang digunakan untuk membuat LCD sangat mudah rusak.

Karena itu perlu hati-hati dalam pemakaiannya, seperti pada HP atau laptop, sebaiknya melapisi screen LCD dengan plastik anti gores untuk meminimalkan terjadinya goresan, terkena percikan api atau kerusakan lain. Tekanan yang terlalu kuat pada layar LCD juga dapat meninggalkan press mark yang tidak dapat hilang.

Untuk menghilangkan bekas tekanan/ press mark ini perlu dilakukan penggantian pada lapisan plastik paling depan dari layar LCD, tetapi untuk menggantinya harus dilakukan dengan bantuan mesin khusus. Sebenarnya dapat dilakukan penggantian manual dengan tangan, tapi sangat sulit dan diperlukan keahlian khusus untuk mengerjakannya. Saya dulu pernah mencoba dan hasilnya lumayan jelek, masih ada gelembung-gelembung udara pada layar LCDnya.

Karena biaya yang tidak sedikit itu maka lebih baik merawat dan menjaga penggunaan barang-barang elektronika terutama pada bagian LCDnya, seperti menghindarkannya dari air, api, goresan, tekanan, dan juga bantingan..

Advertisement

{ 7 Comments... read them below or add one }

Gaphe said...

pasang filmm anti gores, trus dilap tisu yang lembut kalo udah mulai kotor. yang penting jangan pake cairan apapun kalo bersihin.. bisa jamuran. ahaha

Pakeko said...

Info yang sangat bermanfaat, Bung. Terima kasih.

Suparyanto said...

Punya saya tidak dilapisi, cuman sering dibersihkan tiap hari drai debu-debu yang menempel.
Nice tipsnya.

dwisuka said...

Sy srg bingung bgmn cr memperlakukannya, tmsk cara membersihkannya. Akhirnya ya cm dilap aja pake tisu sesekali.. Trus kalau kira2 gak dipakai ya ditutup pake plastik. Betul gak ya?

Thanjawa Arif said...

habis beli LCD monitor cina tapi colokan ke CPU kok tidak sama, pemecahannya bagaimana ya, ditukar ditoko tidak mungkin karena tidak ada akad barang kembali.

kencus said...

boss, kalau beli lapisan plastiknya dimana ya.laptopku aku kelupas ternyata susah nyarinya.sekalian namanya apa ya?
thank's

siti yulianty rahayu said...

Tes

Post a Comment