Komputer (PC) Di Nyalakan Tidak Ada Bunyi Beep


Advertisement
Memperbaiki komputer kadang ada yang kerusakannya rewel banget, PC sudah ada power. Lampu indikator menyala tapi saat power di buka tidak ada bunyi beep yang menandakan komputer bekerja normal. Bukan hanya indikator beep yang tidak ada, lampu indikator depan juga tidak berkedip (nyala terus).

Kalau menemukan kerusakan komputer yang seperti ini, bagian yang patut di curigai adalah motherboard (MOBO), processor, baterai CMOS dan penting juga untuk mengecek tegangan DC 5 volt. Pengecekan bisa dimulai dengan melihat baterai CMOS apakah masih ada tegangan atau tidak, kemudian pasang kembali baterai.

Selanjutnya memeriksa processor dari kondisi fisik apakah ada kaki (pin) yang patah atau bengkok. Untuk mengetahui processor tersebut rusak atau tidak bisa dengan menyalakan PC beberapa saat kemudian pegang heatshink processornya, kalau masih hangat berarti processor masih bekerja, tapi kalau dingin berarti processor mati.

 Atau kalau ada komputer lain yang masih berfungsi normal, bisa melakukan pengetesan satu-persatu dari setiap komponen. Kalau semua komponen tidak ada yang rusak, kemungkinan besar harus ganti MOBO.




Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment