Cara Mengembalikan Sound Laptop Yang Hilang


Advertisement


Masalah sound tiba-tiba hilang tidak hanya terjadi pada PC dekstop saja, pada laptop pun sering terjadi saat sedang mendengarkan musik sound kemudian mengecil atau sama sekali hilang. Umumnya kasus sound hilang ini dikarenakan driver sound yang bermasalah.

Tanda-tandanya seperti hilangnya ikon speaker pada taskbar, atau tidak ada hardware yang terdeteksi pada sistem audio devices. Cara mengembalikan sound laptop yang hilang bisa di mulai dari pengecekan yang paling sederhana, seperti memainkan musik dengan player yang berbeda-beda (winamp, media player, KM player), juga memastikan semua opsi pada volume control sudah benar.

Langkah selanjutnya adalah menginstal ulang software driver soundnya, karena kemungkinan paling besar yang mengalami kerusakan adalah softwarenya. Setelah driver di instal dan ternyata suara sudah kembali normal, jangan lupa untuk melakukan back up sisitem, hal ini bertujuan untuk mempermudah kita apabila suatu saat terjadi kerusakan yang sama pada sistem maka tidak perlu lagi repot-repot untuk menginstal satu-persatu.

Kalau ternyata driver sound tidak bermasalah, kerusakan mungkin terjadi pada hardwarenya. Tapi kasus seperti ini jarang terjadi, untuk melakukan pengecekan pada hardware, bisa dimulai dari mengecek jack audio speaker, cek speakernya, kalau merasa perlu bisa membuka cover laptop dan meneliti bagian sound bloknya. Tapi disarankan jangan membuka laptop sendiri, kalau laptop Anda masih ada garansi lebih baik dibawa ke support centernya saja.


Advertisement

{ 7 Comments... read them below or add one }

Nova Miladyarti said...

dulu laptopku suka begitu, driver soundnya bermasalah. tapi entah kenapa sekarang anteng2 aja ga ada masalah lagi,hehe

Gaphe said...

sebelum dibawa ke reparasi, ada baiknya dicek sendiri dulu sesuai dengan yang kamu sarankan.. tips yang oke, dan untungnya selama ini notebook saya belom bermasalah dengan sound :)

Meutia Halida Khairani said...

saya pernah tuh bermasalah sama suaranya. jadi lagi muterin lagu, trus kresek kresek, baru muter lagi lagunya. aneh

nashr said...

kalo cd drive nggak bisa baca kenapa ya??? padahl laptony bru 2 tahunan....

Anonymous said...

slamat sore. saya mau tanya. sound saya awalnya hilang sama sekali. kemudian saya utak-atik di device manajer dgn mengupdate driver. kemudian sound berfungsi kembali. akan tetapi pada satu software yaitu TV turner gadmei saya soundnya tidak berfungsi. saya jg sudah install ulang tv gadmei tp tetap tidak bisa.
mohon bantuannya. terimakasih

sahril aril said...

admin, mau tanya neh bagaimana cara mengembalikan driver sound yg terhapus

Anonymous said...

suara laptop saya hilang pas terahir pake manycam buat rekam video spya ada suaranya.. pas selesai rekam trus buka.. tiba2 gk bisa di putar.. trus.. pas buka video korea lagi di classic player dah gak ada suaranya.. trys muter lagu di winamp gk bisa jga.. suara dari game juga gak ada... gmn niih??

Post a Comment