Bulan Baik, Musim Kawin


Advertisement
Bulan ini sepertinya masih bisa dikategorikan pada musim hujan karena masih sering turun hujan walaupun sudah tidak menentu waktunya. Dan banyak juga didaerah saya yang memilih bulan ini atau tepatnya minggu besok untuk melakukan acara pernikahan atau mengadakan moment penting lainnya.

Mungkin masih berkaitan dengan kepercayaan leluhur, jika hari minggu besok yang kalau menurut pasaran Jawa adalah hari Minggu Wage merupakan hari baik, dimana pada hari tersebut sangat baik kalau digunakan untuk mengadakan acara-acara penting seperti pesta perkawinan, pindah rumah, membeli barang, atau acara lainnya.

Tidak heran kalau banyak yang memakai hari Minggu Wage besok untuk mengadakan acara pernikahan, terutama didaerah saya yang masih kental dengan adat Jawa nya.

Entah kalau didaerah lain apakah juga ada kepercayaan terhadap hari-hari baik semacam itu, tapi katanya kalau kita sudah tahu kalau hari tersebut adalah hari sial dan tetap menggunakannya untuk mengadakan acara penting, kemungkinan tidak akan mendatangkan kebaikan pada akhirnya. Kecuali kalau memang benar-benar tidak tahu, tentu saja tidak ada pantangan sama sekali. Tapi bagaimanapun ketentuan yang pasti tentunya dari Tuhan.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment