Susahnya Memperbaiki Laptop


Advertisement
Kendala yang sering saya temui kalau mendapat pasien laptop adalah pada saat membuka covernya. Dengan sekrup yang ukurannya cukup kecil dan imut menjadikan sulit untuk melepasnya kalau tidak terbiasa. Belum lagi casingnya yang rata-rata pada laptop model sekarang menggunakan system lock yang saling menjepit antara cover depan-belakang.

Jadi untuk membuka covernya harus ditekan menggunakan ujung pisau atau lempengan besi tipis, nah kalau saat menekan ini tidak hati-hati maka akan meninggalkan kesan goresan pada cover. Tentu saja hal tersebut akan menimbulkan masalah baru.

Sedangkan kalau sudah berhasil membuka cover laptop, komponen-komponen kecil didalamnya juga perlu penanganan yang 'njlimet'.

Pernah saya membuka laptop tidak hati-hati, waktu akan mengangkat cover depan yang sekaligus merupakan keyboard, saya lupa melepas soket kabel keyboard yang tersambung ke body CPU. Otomatis kabel itupun ketarik dan putus, jadinya bukannya untung tapi saya malah nombok membeli kabel untuk mengganti kabel yang rusak tersebut.

Sebenarnya prinsip untuk menangani barang-barang kecil seperti jeroan laptop harus teliti dan sabar, apalagi laptop tersebut punya orang.

Advertisement

{ 8 Comments... read them below or add one }

iam said...

Bener banget tuh. Jangankan laptop. Komputer pun butuh ketelitian yang sangat :)

Meutia Halida Khairani said...

saya pernah bongkar laptop pribadi.serem jg takut onderdil yg imut2 berceceran. harus hati2.. bgt..

bisnis antigagal said...

nice info..!! terus posting ya..!

Gaphe said...

bener.. desktop aja yang segede gitu susah juga dibenerin, apalagi notebook yang kecil. emang deh, butuh ketelitian.. tapi kalo itu udah kerjaan dan disenangi, rasanya sulit pun dihajar bleh juga kan?

Quantum Artikel said...

harus perlu tenaga profesional sob kalo mau perbaiki lepy.


salam.

Merliza said...

untuk urusan teknis seperti ini, lebih baik saya serahkan ke ahlinya, dari pada malah tambah berantakan di tangan saya :p

s said...

mengurusi barang milik org lain mmg agak repot

Nurul Imam said...

sy masih ga berani oprek laptop,,, klo komputer sih insya allah

Post a Comment