Pengertian Lilitan Primer Dan Sekunder


Advertisement


Pengertian Lilitan Primer Dan Sekunder adalah definisi dari lilitan pada transformator, baik itu transformator step-up maupun transformator step-down. Mengenai pengertian trafo sendiri dulu sudah pernah saya bahas dalam tulisan terdahulu di: Pengertian transformator.

Yang dimaksud lilitan primer adalah lilitan utama pada trafo/ transformator yang terhubung ke tegangan listrik AC, nilai dari lilitan primer pada semua trafo adalah sama.

Sedangkan pengertian lilitan sekunder adalah kebalikannya, yaitu lilitan yang berfungsi mengubah tegangan AC 220 volt menjadi tegangan AC yang lebih tinggi ataupun lebih rendah, tergantung dari jenis trafo itu sendiri, apakah trafo step-up atau trafo step-down. Demikianlah sekilas mengenai pengertian lilitan primer dan sekunder pada transformator.

Advertisement

{ 3 Comments... read them below or add one }

i-one said...

wah,ane baca berapa kali kok ngak ngerti2 ya,haha..maklum ane gaptek banget.salam kenal,klu ada waktu kunjungi blog ane ya

Meutia Halida Khairani said...

baca postingan ini kayak lagi baca buku fisika dan teringat ujian dulu deh :)

saya dulu jago tuh ginian.. dulu.... sekarang sangat sangat nggak. hahahaha

kira said...

mampir, kalo baca jadi tambah bikin pusing, tapi bermanfaat kok. hehe

Post a Comment