Kalau Monitor Mati Saat Di Hubungkan Dengan PC


Advertisement
Kalau monitor mati saat di hubungkan dengan PC kemungkinan besar yang mengalami kerusaklan adalah pada bagian kabel signal sampai dengan program board. Yang sering terjadi yaitu salah satu kabel signal putus dibagian dalamnya. Tepatnya pada line horizontal (h sync) atau line vertical (v sync). Apabila salah satu line kabel ini putus, maka akan mengakibatkan monitor tidak ada gambar dengan lampu indikator berkedip-kedip. Untuk memahami tiap-tiap bagian pada monitor bisa melihat tulisan terdahulu tentang bagian bagian monitor.

Cara melakukan pengecekan pada bagian kabel signal ini adalah dengan mengukur tiap-tiap kabelnya satu-persatu. Yang terpenting dua bagian tadi ( hsync dan v sync) karena kedua line inilah yang membawa informasi data dari PC kemudian masuk ke blok program (IC program) sehingga dapat diolah menjadi sinyal video dan tampil pada layar monitor sebagai gambar yang dapat kita lihat.

Kalau kabel signal tidak mengalami kerusakan, pengecekan bisa diteruskan pada bagian blok program, termasuk IC program dan semua komponen pendukungnya. Pernah terjadi kasus monitor mati seperti ini ternyata yang rusak adalah salah satu dioda bypass yang terdapat pada blok program, dioda ini masih berhubungan dengan h sync dan v sync, seri diodanya adalah IN4148.

Advertisement

{ 7 Comments... read them below or add one }

Nurul Imam said...

wah... tidak berhubungan dengan masalah saya
klo saya sih masalah VGA cardnya ....

Dwi said...

@ Nurul Imam: Iya sob, kalau monitor dalam kondisi normal berarti yang bermasalah pada PCnya.

moenas said...

ilmu ane blum pada materi inineh, ente sekolah elektro yeah?..jd ngarti tuh

hanya said...

kalau saya sich biasa utak-atik VGA cardnya xoxoo

Meutia Halida Khairani said...

kejadian ini sering bgt terjadi pada saya waktu pake PC dulu.. sampe kirain monitornya yg rusak

iwan said...

wah mantep y

Jendela alam said...

thanks sob infonya pernah juga ngalamin seperti ini ternyata rusak VGA card nya saja tuh

Post a Comment