Cara Mengobati Wasir


Advertisement
Bagi yang menderita penyakit wasir, berikut ini ada beberapa cara mengobati wasir dengan metode pengobatan alami, karena banyak pasien wasir yang mengeluhkan sudah ke dokter dan juga menjalani operasi tetapi penyakit wasir belum juga sembuh. Dengan pengobatan alternatif yaitu obat alami mungkin bisa membantu menyembuhkan penyakit wasir, silahkan disimak, cara mengobati wasir yang dicopas full dari Jay's Site.

Wasir adalah benjolan yang timbul di selaput lendir rektum atau daging yang keluar di sekitar dubur. Penyebabnya adalah sembelit. Sembelit juga disebabkan karena makanan yang dimakan sedikit atau bahkan sama sekali tidak ada seratnya, sehingga feses (tinja) sangat sulit untuk menerobos keluar.


Obat alami untuk wasir diantaranya adalah:

Bayam duri (Amaranthus spinosus)
Ambil daun dan batang bayam duri segar secukupnya. Cuci bersih dan rebus sampai mendidih, kemudian angkat sayuran dari tempat perebusan. Uap yang keluar digunakan untuk menguapi wasir, sedangkan air rebusan yang masih hangat digunakan untuk merendam wasir.

Daun duduk (Desmodium triquetrum)
Ambil 20 gram daun duduk segar, cuci bersih, lalu rebus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin, kemudian disaring. Minum air rebusan sekaligus. Lakukan setiap hari.

Daun sosor bebek (Kalanchoe pinnata)
Ambil 25 gram daun sosor bebek segar. Cuci bersih lalu rebus dengan 2 gelas hingga bersisa separuhnya. Setelah dingin, kemudian disaring. Minum air rebusan sekaligus. Lakukan setiap hari sampai wasir sembuh.

Buah makasar (Brucea javanica)
Ambil 7 butir buah makasar. Giling sampai halus, lalu masukkan ke dalam kapsul. Minum sekaligus.

Kangkung (Ipomea aquatica)
Ambil kangkung secukupnya, cuci bersih dan bubuhi dengan garam. Lumatkan sampai halus. Bubuhkan campuran tersebut pada bagian yang sakit.

Daun Iler (Coleus Scutellarioides)
Ambil 25 gram daun iler yang segar. Cuci sampai bersih lalu rebus dalam 2 gelas air mendidih, kira-kira selama 15 menit. Tambahkan 5 gram gula merah dan aduk rata. Setelah dingin, kemudian disaring. Minum air rebusan sekaligus.

Pegagan (Centella asiatica)
Sediakan 50 gram pegagan segar berikut akarnya. Cuci bersih, rebus dalam 2 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin, kemudian disaring. Minum air rebusan sekaligus. Lakukan setiap hari sampai sembuh.

Daun selada (Lactuca sativa)
Ambil daun selada secukupnya. Cuci bersih lalu rebus hingga air rebusan berkurang. Angkat daun selada dan bubuhkan pada bagian yang sakit. Cara lain yaitu dengan menyuruh penderita berjongkok di atas air bekas rebusan selada. Biarkan uap panasnya mengasapi wasir.

Temulawak (Curcuma xanthorizha)
Sediakan rimpang temulawak seukuran 1 jari, setengah jari kelembak (Rheum officinale), 1 genggam pegagan (Centella asiatica), 1 genggam daun saga (Abrus precatorius), setengah genggam patikan cina (Euphorbia thymifolia), dan seukuran 3 jari gula enau. Cuci semua bahan dan dipotong-potong seperlunya. Rebus bahan dalam 5 gelas air hingga tersisa separuhnya. Setelah dingin, kemudian disaring. Minum air rebusan 3 kali sehari dan lakukan setiap hari.

Advertisement

{ 1 Comments... read them below or add one }

Gaphe said...

duh, nggak ngebayangin diuapin ke bagian yang sakit tuh maksudnya gimana yah.. kan kalo wasir biasanya di dubur.. kalo diuapin kan panas. haha

Post a Comment