SMKN 1 Wonosari


Advertisement


SMKN 1 Wonosari adalah sekolah menengah kejuruan yang terletak di jalan Veteran, Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Sebelum pindah ke jalan Veteran dan berganti nama, SMK 1 merupakan sekolah SMEA Negeri Wonosari yang terletak di Tawarsari. Berikut sejarah singkat SMK N 1 Wonosari mulai dari awal berdirinya sampai sekarang.

Lokasi SMKN 1 Wonosari

SMK Negeri 1 Wonosari didirikan pada tanggal 1 Agustus 1963 dengan nama SMEA Persiapan oleh panitia yang terdiri dari:
Bp. Tulik Suwarno,B.A.,
Bp. Projo Suyudi,
Bp. Siswo Prajono,
Bp. Mangunwinoto,
Bp. R. Sumarjo,
Bp. E. Sugito dan Bp. MC Sutrisno HS.
Pada saat berdiri memperoleh siswa sebanyak 2 kelas dan bertempat di SMEP (yang sekarang menjadi SMP N 2 Wonosari) dengan pimpinan Bp. Tulik Suwarno, B.A.

Pada tahun 1964 SMEA Persiapan berubah menjadi SMEA Negeri Wonosari berdasar SK No.: 294/B.3/Kej tertanggal 1 Agustus 1964. Pada tahun 1966 telah menempati lokal sendiri di Madusari (Jalan Veteran). Mengingat animo masyarakat yang cukup besar untuk masuk SMEA, sekolah beserta PMOG (sekarang komite sekolah) menambah jumlah kelas.

Pada tahun 1967/1968 memperoleh tanah di Tawarsari dan dibangun lokal kelas sehingga jumlah kelas menjadi 8 kelas. Tahun 1977 untuk memperluas tanah untuk penambahan ruang kelas, di Madusari diadakan pemindahan makam kristen ke Tawarsari dan dilakukan pembangunan lokal kelas diatas tanah tersebut.

Adanya lokasi SMEA Madusari dan SMEA Tawarsari adalah karena adanya program pemerintah untuk membangun SMEA Pembina, sehingga SMEA di Madusari diharapkan menjadi SMEA Pembina dan di Tawarsari menjadi SMEA biasa.

Namun program tersebut tidak terealisir sehingga SMEA Tawarsari dan SMEA Madusari tetap satu dengan pembagian lokal sebagai berikut:
- Lokasi di Tawarsari untuk kelas I sejumlah 9 kelas
- Lokasi di Madusari dipergunakan untuk kelas II sebanyak 9 kelas, kelas III sebanyak 8 kelas serta kantor Tata Usaha.

Pada tahun 1998/1999 lokasi di Tawarsari sudah tidak dipergunakan lagi dan kegiatan belajar mengajar menjadi satu lokasi di Madusari, hal ini dimaksudkan untuk agar iklim belajar semakin kondusif dan siswa dapat belajar lebih efektif.

Dan pada tahun 1998/1999 SMEA Wonosari berubah menjadi SMK N 1 Wonosari. Pada tahun pelajaran 2002/2003 SMK N 1 Wonosari merupakan salah satu SMK Kelompok Bisnis dan Manajemen di Propinsi DIY yang ditunjuk pertama kali menjadi SMK Berstandar nasional khususnya untuk program keahlian Akuntansi.

Inilah Kepala Sekolah sejak berdiri hingga sekarang :
Tahun 1964 - 1983 Tulik Suwarno, BA.
Tahun 1984 - 1989 Drs. Sungkono
Tahun 1989 - 1995 Drs. R. Soediro
Tahun 1995 - 2004 Drs. Tamsir
Tahun 2004 - sekarang Drs. Abdul Rochim

Serahterima Sertifikat ISO dari Country Manager MSA Certification M Musta

Untuk informasi lebih lengkap mengenai SMKN 1 Wonosari bisa mengunjungi website resminya di www.smkn1-wno.sch.id, karena saya mendapatklan referensi untuk artikel ini juga dari sana. Atau kalau teman-teman ingin bergabung dengan group Facebooknya, bisa mengunjungi alamat berikut: Facebook SMKN 1 Wonosari.

Advertisement

{ 9 Comments... read them below or add one }

kira said...

alumninya ya???

Dwi said...

bukan sob, kalau saya alumni SMKN 3 Wonosari. Masih satu daerah juga.

Gaphe said...

ooh.. saya pikir tadinya alumni situ

Mimi Taria said...

Termasuk sekolahan yang udah tua juga ya,,,??
Tapi kebanyakan sekolahan yang tua2 gitu justru malah prestasinya lebih bagus,,,

Dwi said...

@ Gaphe: bukan mas, review aja.

@ Mimi Taria: iya sih mbak, pastinya lebih terpercaya kalau soal kualitas pendidikannya.

Imtikhan said...

salam persahabatan
postingan yang bagus kawan
sukses selalu ya

Tip Trik facebook said...

kunjungan perdana sob

All In One said...

itu SMK didaerahmu ya sob?

Service Monitor dan LCD said...

wah baru tau saya, wik klo smpn2 wonosari dulu pernah di tempati oleh smea n wonosari...padahal saya juga alumni smpn 2 wonosari.....
boleh nih aku tak berkunjung ke website nya smkn 1 wonosari...

Post a Comment