Perlukah Saling Menghina?


Advertisement
Jika kita tidak menyukai seseorang atau sesuatu, perlukah untuk saling menghina dan menjelekkan?

Saya ambil contoh: misalnya saya tidak suka dengan salah satu suku dalam suatu daerah, kemudian saya menghina suku tersebut, bukankah itu artinya saya juga menghina seluruh warga yang tinggal dalam suku tersebut? Mungkin memang segelintir orang dalam suku itu pernah bersalah terhadap saya, tetapi bukankah masih banyak warga lain yang tidak tahu apa-apa? Layakkah kalau saya menghina dan ikut men-cap jelek mereka?

Menurut saya, saling memaafkan dan bertoleransi itu lebih baik dalam menjalani hidup ini.

Advertisement

{ 15 Comments... read them below or add one }

Belantara Indonesia said...

Itu yang Tuhan tak suka....apa balasannya?..

Dwi said...

@ Belantara Indonesia: Yang jelas sifat suka menghina itu berdosa mas, juga tidak baik untuk hidup bermasyarakat.. :)

daeng rompa said...

tak ada guna saling menghina... yang menghina pastinya tidak lebih baik daripada yang dihina...

ohcikgu said...

tak payahlah nak hina menghina. takde faedahnya pun.

Gaphe said...

bener banget, bahkan guru PPKn saya dulu juga bilang gitu.

mending toleransi.. daripada makan ati.
#lah?

iam said...

Tentu tidak perlu. Lagian orang yang menghina nggak lebih baik dari yang dihina :)

Tip Trik Tip said...

salam persahabatan
bener sekali kawan
kita tidak perlu salaing menghina
postingan yang bagus kawan

mundo_idiot said...

Bener Teman , namun gara2 ada istilah saling menghina dan merendahkan Maka tertulislah undang2 dasar dan Pandangan dari seluruh Kesatuan Masyarakat berbagai Suku , kalau ngak salah tentang Kerukunan Hidup ini ada Pada halaman utama tiap buku PPKN ,
Mantap sobat walaupun singkat tapi yang Anda utarakan itu cerminan Seorang warga yang Bijak

Dwi said...

@ All: Terimakasih kunjungan dan komennya teman-teman, maaf gak bisa reply satu-satu,, benar banget hidup lebih indah kalau kita saling menghargai.. :)

Belantara Indonesia said...

OOT: dari tempatku ga kliatan, tadi sore ada, di readmore, lalu kuganti....di head ga ada dari tempatku..duh dosa apa aku..heheheh..makasih lho di ingatkan..

Tip Trik Facebook said...

menghina itu tak perlu sob

moenas said...

yang baik itu sama2 saling bertoleransi xoxoxo

hanya said...

gak ada untungnya brow yang namanya menghina mah ^^

azizfhm said...

jangan dong gak baik kalo hina menghina....orang /suku

Sukadi said...

Nggak usah dan nggak perlu saling menghina, kalau memang bersalah ya sebaiknya minta maaf dan memberikan maaf... :)

Post a Comment