Memasang Lampu Latar Monitor LCD Harus Hati-Hati


Advertisement
Lama juga tidak menulis artikel tentang komputer maupun kerusakan monitor lcd, karena belakangan ini saya lagi sibuk mengerjakan PC dan printer, sebenarnya banyak juga permasalahan pada PC yang bisa dicatat disini, tapi karena dokumennya masih belum terkumpul jadi nanti saja belakangan nulisnya. Kali ini saya akan membahas tentang lcd monitor, khususnya pada bagian lampu latar, backlight, dan semua elemen pada panel lcd, saya ambil contoh disini saya akan mengganti lampu latar yang mati, sebenarnya saya dulu juga sudah pernah menulis artikel tentang penggantian lampu ini, yaitu disini mengganti lampu lcd monitor.

Sebenarnya kalau sudah terbiasa membuka bagian panel monitor lcd tidak akan banyak mengalami kendala, tapi kalau belum terbiasa pasti memang terkesan rumit kalau sudah menyangkut panel ini, karena didalamnya semua komponennya sangat kecil dan rawan rusak//broken.

lampu latar

Bagian yang perlu diamankan pada saat membuka panel yaitu blok backlight panel, bagian backlight panel ini terletak pada lapisan paling depan dari sebuah panel monitor lcd. Yang bentuknya berupa sekeping kaca dengan rangkaian komponen kecil berupa IC chip dan komponen lain yang melekat dibagian atas dan samping kaca backlight ini.. Mengapa bagian ini perlu diamankan? Karena bagian backlight panel inilah yang paling rawan mengalami kerusakan, kalau bagian ini tergores atau pecah, maka akan mengakibatkan munculnya garis/kerusakan pada gambar tampilan layar monitor lcdnya..

backlight lcd title=

Nah, kalau bagian backlight panel sudah disimpan, bisa diteruskan dengan mencongkel dengan hati-hati bagian aklik, bagian ini berupa lempengan kristal yang terletak tepat ditengah panel. Buka bagian ini dengan hati-hati, kemudian mengambil lampu pada masing-masing sudut atas dan bawah panel. Singkirkan dulu sket plastik yang ada diantara bagian aklik ini, jangan lupa susunannya, karena nanti bagian ini akan dipasang lagi.

Ingat, lampu latar letaknya dibagian atas dan bawah panel, lampu bagian atas tidak sama dengan bagian bawah. Jadi dalam menggantinya jangan sampai tertukar, kalaupun terpaksa tidak ada lampu dan harus memodifikasi, maka bisa dilakukan dengan membuka cover dari lampunya, kemudian pasang kembali.

buka cover panel

Dalam memasang lampu dan menyatukannya dengan aklik maupun backlight panel, harus ekstra hati-hati. Karena sudah sangat sering saya mengalami kegagalan pada saat pemasangan ini, hal ini dikarenakan saat menutup cover panel terlalu kuat menekan, sehingga backlight panel pecah dan akibatnya gambar jadi ada garis, atau kadang malah rusak sama sekali (blank putih).

Advertisement

{ 7 Comments... read them below or add one }

kira said...

wah, thanks infonya.. :)

Gaphe said...

Rumit juga yah ternyata masang begituan di LCD.. saya dulu pernah punya pengalaman urusan sama LCD tapi LCD Hape.. ribet minta ampun plus ninggalin jejak sidik jari. Begitu hape terpasang lagi, sidik jarinya masih mbekas.. jelek. maklum amatiran

Goyang Karawang said...

susah ya :D pengen nyoba bongkar2 tapi takut meledak kayak CPU saya dulu salah geser voltase :D

iam said...

Wah ngomong soal LCD. Bisa bantu saya gak, monitor warna nya jd kuning butek, terus kadang suka mati kalo ke senggol dikit. Kira2 apa yg salah? :)

Meutia Halida Khairani said...

wah, kalo LCD saya rada nggak berani deh bongkar2nya.. mungkin takut nempel jejak tangan nya itu. kasian kan..

ambil award di blog saya ya :)

Dwi said...

@ Goyang Karawang: wah bahaya kalau sampai meledak sob.. :D

@ Iam: itu monitor lcd atau crt sob? kalau crt mungkin cuma open solder, bisa dibuka dan solder ulang semua pcb-nya. Kalau monitor lcd kemungkinan soket/kabel signal yang masuk ke pc bermasalah.

@ Meutia Halida Khairani: Wah terimakasih Meut, langsung ke tkp untuk mengambil awardnya.

Ra-kun tak sendiRIAN said...

salam kenal :)

Post a Comment