Jenis Jenis Capasitor Non Polar


Advertisement


Jenis jenis capasitor diantaranya capasitor bipolar/ non polar dan capasitor polar (memiliki kutub -/+), walaupun sama-sama untuk menyimpan muatan listrik, tapi banyak perbedaan diantara dua macam capasitor ini, baik dari bahan yang digunakan untuk membuat capasitor tersebut maupun dalam kegunaannya.

Mengenai capasitor polar sudah saya bahas dalam tulisan seminggu yang lalu, kalau belum menyimak bisa membacanya dulu pada artikel Penjelasan Tentang Kapasitor Polar.

Setelah memahami tentang capasitor polar, sekarang akan kita teruskan membahas tentang capasitor non polar. Capasitor non polar ada beberapa macam yaitu:

1. Capasitor Ceramic
ceramic capasitor
Mengapa disebut capasitor ceramic, karena bahan dasar yang digunakan sebagai media penyimpan arus adalah terbuat dari keramik. Jadi lempengan keramik diletakkan diantara dua pin kaki capasitor tersebut sedemikian rupa sehingga dapat menyimpan arus listrik.

2. Capasitor Mylar
mylar capasitor
Sedangkan bahan penyekat yang digunakan pada capasitor mylar terbuat dari plastik, tepatnya plastik digulung diantara kedua lempengan kaki capasitor tersebut. Jumlah gulungan yang dipakai akan mempengaruhi besar-kecilnya nilai kapasitasnya.

3. Capasitor Variable
variable capasitor condensator
Capasitor variable sebenarnya juga termasuk dalam jenis capasitor mylar, yang membedakan adalah besar-kesilnya nilai capasitas dapat dirubah dengan memutar/menggeser pin capasitor tersebut. Jadi capasitor variable memiliki tiga kaki atau lebih. Capasitor variable biasanya digunakan pada pesawat radio sebagai pengatur frekuensi (tuner).

Advertisement

{ 8 Comments... read them below or add one }

Goyang Karawang said...

baru tau saya nama2nya.. selama ini cuma lihat aja bentuknya.. makasih penjelasannya bos :)

Belajar Photoshop said...

benda2 kecil yang biasanya luput dari perhatian kita nih :(

Gaphe said...

duh, barang elektronik lagi..
saya bingung mau komen apaan.. soalnya ntar balik ke pelajaran (lagi-lagi) SMP saya dulu. hahaha

Tip End Trik said...

tambah ilmu lagi disini
thanks kawan informasinya

SHUDAI AJLANI (dot) COM said...

wehehe jadi inget pelajaran elekro waktu sma saya sob

oya sob saya masih menunggu kiriman foto halo shudai dari sobat lhooo..

Anonymous said...

boleh buat report tuk student ni

Anonymous said...

klo ga salah kapasitor bipolar itu sama artinya dengan kapasitor polar.

yang ada itu jenis kapasitor polar dan bipolar (non-polar).

mohon dikoreksi kembali.

Dwi said...

@ Anonim: Mohon maaf atas kekeliruan ini dan terimakasih koreksinya. Yang saya maksud jenis kapasitor bipolar/ non polar dan kapasitor polar(memiliki polaritas +/-).

Artikelnya sudah saya betulkan, kalau kurang yakin denngan artikel ini bisa mencari referensi yang lebih meyakinkan di Google.

Post a Comment