Dampak Globalisasi Ekonomi


Advertisement
Apa saja dampak globalisasi ekonomi? Sebelumnya kita singgung dulu yang dimaksud dengan globalisasi ekonomi tersebut. Pengertian globalisasi ekonomi adalah aktifitas ekonomi global yang tidak dibatasi oleh teritorial antar wilayah, atau kehidupan ekonomi global yang bersifat bebas. Artinya kita bisa saja mendirikan suatu usaha didaerah manapun tak terkecuali diluar negeri misalnya. Dengan adanya globalisasi ekonomi seperti ini bisa saja menimbulkan dampak negatif maupun dampak positif bagi kehidupan ekonomi kita.

Salah satu dampak negatif dari globalisasi ekonomi dapat dirasakan oleh para pengusaha kecil, dimana kalau mereka tidak  bersikap produktif dan inovatif maka akan kalah dalam bersaing dengan pengusaha -pengusaha dari luar. Hal ini juga tidak dapat terlepas dari sikap masyarakat yang cenderung lebih memilih produk-produk import, biasanya dengan alasan branding dan gengsi. Padahal kalau kita amati, produk-produk hasil karya anak negeri juga tidak kalah kualitasnya. Mungkin perlu diadalakn pendekatan dan pengenalan kepada masyarakat tentang pentingnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri, agar perekonomian kita tidak dikendalikan oleh pengusaha-pengusaha dari luar negeri.

Adapun dampak positif globalisasi ekonomi salah satunya yaitu dari segi konsumen akan cepat mendapatkan barang yang dikehendaki, yang biasanya barang tersebut cuma bisa dilihat di TV. Dan juga tidak akan ketinggalan informasi tentang produk-produk baru yang lagi booming, contohnya sekarang ini kalau kita jalan-jalan ke mall akan sangat mudah menemukan produk-produk import yang bermerek, yang mungkin sebelum di berlakukannya globalisasi ekonomi hal tersebut tidak dapat kita temui.

Jadi ya bagaimanapun itu, baik dampak positif maupun negatif yang ditimbulkan dari globalisasi ekonomi, kita harus mempersiapkan diri untuk ikut bersaing, karena dengan melatih diri untuk terjun bersama dengan pesaing-pesaing dari luar, maka kitapun juga sekaligus dapat belajar dari mereka, sehingga akan dapat menguasai strategi ekonomi yang mereka gunakan.

Hanya sekedar pendapat saya tentang globalisasi ekonomi, mungkin tidak tepat dan benar karena saya bukan pakar dibidang ekonomi.

Advertisement

{ 6 Comments... read them below or add one }

Gaphe said...

tapi setidaknya memancing kreativitas mereka.. kalo nggak kreatif, bakalan kalah

pakeko said...

yang jelas, akan terjadi penjajahan ekonomi!

Blog Tutorial Blogger said...

gimana solusinya ya

Goyang Karawang said...

dambak globalisasi salah satunya adalah internet dan blog yg semakin bebas ya bos..

iam said...

Ya begitulah sekarang. Dampak dari globalisasi apalagi dlam ekonomi memang tidak baik. Ya namanya juga sistim kapitalisme >.<

archer said...

kasian buat pengusaha kecil kalo tidak bisa bersaing akhirnya gulung tikar

Post a Comment