Service Monitor LCD Dell


Advertisement
Lama tidak menulis tentang kerusakan monitor dan pc, sebenarnya banyak temuan-temuan baru yang perlu diarsipkan disini, tapi belakangan ini saya agak sibuk. Ok, kali ini saya cuma mau bicara sedikit tentang service monitor lcd Dell, monitor Dell paling mudah di analisa bila mengalami kerusakan mati atau tidak tampil display.

Kerusakan pada monitor lcd Dell tidak jauh dari capasitor-capasitor yang menggembung (terbakar), jadi pengecekan awal bisa langsung melihat secara fisiknya. Baik itu 15 , 17, 19, maupun 20 inch semua sama, paling banyak capasitor yang rusak.

Selain capasitor, ada juga komponen yang perlu di cek seperti fuse pada inverter, trafo inverter, dan juga lampu latar. Tapi pada kasus lampu latar rusak biasanya dapat dilihat dari gejalanya yaitu mula-mula gambar keluar, tapi kemudian mati. Nah, kerusakan seperti ini kemungkinan besar adalah lampu latar yang rusak. Untuk gambaran cara mengganti lampu latar dulu sudah pernah saya tulis di: mengganti lampu lcd monitor.

Kemungkinan lain adalah ic pada inverter juga rusak, tapi kerusakan seperti ini biasanya ditandai dengan gejala monitor lcd kalau panas mati, atau monitor menyala sebentar (seperti lampu flash) kemudian terus mati, dan tegangan di bagian trafo inverter tidak mau keluar.

Advertisement

{ 2 Comments... read them below or add one }

Gaphe said...

itu masih bisa diperbaiki yah?.. kalo saya, monitor rusak udah bawaannya paniik pengen ganti baru.
*gak ada duit*

Tutorials Tutorial said...

salam sobat
info bagus kawan
sangat bermanfaat
terima kasih ya

Post a Comment