Reparasi Kerusakan Monitor Lcd ViewSonic


Advertisement


Setelah melihat jam dinding, ternyata sudah jam dua belas kurang sepuluh menit malam. Lumayan, masih ada sedikit waktu untuk menulis postingan, seperti biasa saya akan meng-arsipkan pengalaman saya saat reparasi komputer atau monitor lcd, dan kebetulan belakangan ini banyak kerusakan-kerusakan baru yang ingin saya tulis disini, tapi berhubung waktu mepet, jadi saya tulis satu persatu.


Kali ini saya akan membahas tentang kerusakan monitor lcd merk ViewSonic 17 inch modelnya vg700b, yang mengalami kerusakan tidak muncul tampilan gambar/display. Melihat kerusakan yang sering terjadi, masalah tidak ada gambar seperti ini biasanya disebabkan karena kapasitor/elco pada power supply sudah rusak. Tapi dalam kasus kali ini tidak sama, karena monitor lcd ViewSonic ini menggunakan eksternal adaptor, jadi lebih susah untuk melakukan penyisiran lokasi kerusakan.

Hanya terdapat blok program board yang menyatu dengan blok video board, setelah saya teliti, ternyata ada salah satu kapasitor pada blok program tadi yang rusak, seperti terlihat pada gambar dibawah ini. Elco/kapasitor tersebut menuju blok inverter, sehingga kalau kapasitor itu rusak jelas saja inverter tidak bekerja, dan monitor tidak ada gambar.

Selain kapasitor yang rusak, ternyata masih ada lagi komponen yang harus diganti, yaitu fuse kecil pada blok inverter, setelah kedua komponen itu diganti, monitor lcd sudah dapat menyala normal.

Advertisement

{ 5 Comments... read them below or add one }

Imtikhan said...

informasi bagus kawan
izin simpan ya

Blog Tutorial Blogger said...

belajar jadi parasi disini
makasih infonya mas

R. Indra Kusuma Sejati said...

Nambah ilmu disini. Maaf baru mampir lagi.

Salam

"Ejawantah's Blog"

Mimi Taria said...

Nice posting,,,
Makasih banget atas tutorialnya bang,,,

service tv said...

boss infonya sangat membantu kami...lanjutkan...

Post a Comment