Penyebab Monitor LCD Panas Mati


Advertisement
Penyebab monitor lcd panas mati biasanya tidak jauh dari komponen-komponen yang sudah tidak dapat berfungsi dengan maksimal, hal ini dikarenakan terlalu lamanya umur pemakaian dari komponen tersebut. Kerusakan monitor lcd kalau panas mati ini memang banyak dijumpai, seperti pada merek Dell, Philips, Acer, Samsung, dan juga merek-merek lain.

Menurut kasus yang sering saya jumpai, komponen yang rusak adalah capasitor/elco pada bagian inverter. Elco ini nilainya beragam, mulai dari 470U/25 volt, sampai 1000U/35 volt, tergantung dari jenis monitor lcd itu sendiri. Tapi kesemua elco tersebut memiliki fungsi yang sama, yaitu bekerja pada tegangan DC 12 volt pada jalur inverter.

Nah, kalau elco ini rusak akan dapat mengakibatkan kerusakan monitor kadang-kadang mati, atau dalam kondisi lebih parah monitor sama sekali tidak mengeluarkan gambar, artinya blok inverter tidak bekerja.

Biasanya elco yang rusak ditandai dengan bentuk fisiknya yang menggembung, tapi tidak jarang juga elco yang bentuknya masih mulus tapi dapat mengakibatkan kerusakan. Cara paling tepat untuk memastikannya adalah dengan melakukan pengukuran pada setiap tegangan keluaran trafo converter.

Advertisement

{ 4 Comments... read them below or add one }

Mimi Taria said...

Wahhh,,,,kl laptopku malah sering banget HANG mas,,,,Apa itu nanti lama2 juga akan berpengaruh pada LCDnya,,,,???

Dwi said...

@ Mimi Taria: Kalau laptop sering hang tidak berpengaruh pada lcd-nya mbak, soalnya kan yang rusak bagian cpu-nya.

Kumpulan Informasi said...

Mantap bos ilmunya. Tapi kalau untuk handphone gimana maklum saya gak punya pc

Dwi said...

@ Kumpulan Informasi: wah, kalau untuk handphone pasti sangat berbeda sob, kebetulan saya banyak terlibat soal komputer, nanti kalau ada referensi yang membahas lcd handphone saya posting.

Post a Comment