Penyebab Komputer Sering Restart Sendiri


Advertisement
Masalah kerusakan pada komputer yang sering dijumpai diantaranya yaitu komputer sering restart sendiri, kondisi komputer sering restart ini sangat mengganggu apabila kita sedang sibuk bekerja dan tiba-tiba komputer restart sehingga dokumen yang sudah capek-capek kita tulis hilang karena komputer shut-down secara otomatis. Penyebab komputer sering restart ini ada beberapa macam, diantaranya sebagai berikut:

1. Komputer restart sendiri karena Processor terlalu panas (overheat)
Processor terlalu panas adalah penyebab yang paling sering dijumpai yang mengakibatkan komputer restart sendiri, processor terlalu panas bisa disebabkan karena kipas (fan) pada processor sudah tidak berfungsi (mati), terlalu banyak kotoran (debu) pada pendingin/heatshink processor, kondisi ruang penyimpanan komputer yang temperaturnya terlalu panas.

Untuk mengatasi masalah overheat processor ini dapat dilakukan dengan rajin-rajin membersihkan debu yang menempel pada sirip pendingin processor, mengganti kipas yang sudah rusak, dan juga menambahkan kipas angin khusus untuk komputer yang disimpan pada ruang yang terlalu panas.

2. Komputer restart sendiri karena power supply tidak optimal
Penggunaan power supply pada sebuah CPU kadang tidak kompatibel dengan motherboard, hal ini juga bisa menyebabkan komputer sering restart sendiri. Sebaiknya Anda periksa lagi power supply yang sudah terpasang apakah daya yang dihasilkan dapat mensupply komputer secara maksimal, hal ini dapat dilakukan dengan mencoba komputer dengan power supply baru yang masih dalam kondisi normal.

3. Komputer restart sendiri karena harddisk bad sektor
Harddisk yang sudah rusak atau memiliki bad sektor dapat juga menyebabkan komputer hang dengan tiba-tiba, atau biasa dipanggil kerusakan Windows layar biru (bluescreen of deadth), untuk menghindari masalah ini bisa diatasi dengan mendefrag harddisk secara teratur dan menjalankan program scandisk. Jangan lupa juga untuk selalu mematikan komputer melalui shut-down, kalau memang bad sektor pada harddisk sudah tidak bisa diperbaiki sebaiknya dilakukan penggantian harddisk.

Advertisement

{ 4 Comments... read them below or add one }

wits said...

thanks bwt infonya..bermanfaat

hap's said...

wah, mas...klo hp yg sering ter-restart sndiri itu pnyebabnya krn apa kira2?

Dwi said...

@ Wits: sama-sama, terimakasih.

@ Hap's: mungkin karena software-nya mbak Hap's.

Linggar W said...

sekedar nambahin mas, penyebab komputer sering restart juga bisa karena kondisi ram / memory yg rusak meskipun ram tsb masih bisa di pakai beberapa saat, dan juga karena kondisi listrik yg tidak stabil (bisa di akalin dengan memasang stabilizer).

Post a Comment