Pengertian Menyublim Dan Menghablur


Advertisement


Tentu kita tidak asing dengan istilah membeku, mencair, menyublim, maupun menghablur. Dalam pelajaran di sekolah pasti pernah diterangkan mengenai beberapa istilah tadi, yang semuanya merupakan proses perubahan wujud suatu benda. Apabila kita cermati lebih jauh, ternyata ada dua proses yang tergolong cukup unik yaitu menghablur dan pengertian menyublim.

Nah bagaimana lebiih jelasnya mengenai proses ini, yuk kita simak pada ulasan berikut ini yang sebenarnya adalah sebuah tulisan lama dari tahun 2011 namun saya angkat kembali karena dirasa manfaatnya masih cukup bagus untuk para pelajar yang sedang memerlukan informasi berikut ini.

Arti menyublim adalah perubahan benda/zat dari padat menjadi gas. Menyublim sering disebut juga dengan istilah penyubliman atau sublim. Sedangkan pengertian menghablur atau penghabluran atau hablur adalah kebalikan dari menyublim, yaitu perubahan suatu benda/zat dari gas menjadi benda padat. Yang belum jelas mengenai istilah tersebut dapat membuka kembali buku pelajaran IPA yang mungkin sudah lama tidak dipelajari.

Contoh dari perubahan suatu benda yang mengalami penyubliman adalah kapur barus yang menyublim menjadi gas sehingga baunya dapat tercium oleh kita.

Sedangkan contoh penghabluran pada suatu benda yaitu pada proses pembuatan ammonium sulfat dan ammonium nitrat pada bahan pupuk.

Advertisement

{ 1 Comments... read them below or add one }

Gaphe said...

aissh... pelajaran fisika jaman kelas 6 SD dulu nih.. ehhehe

Post a Comment