Menulis Blog, Untuk Siapa?


Advertisement
Selama ini dalam menulis blog saya masih belum bisa menemukan ciri khas untuk tulisan saya, maksudnya gaya penulisan maupun materi yang saya sampaikan masih amburadul, maklum saya masih termasuk newbie dalam dunia blog. Seperti di blog ini misalnya, awalnya tujuan saya menulis disini adalah membahas seputar kerusakan komputer dan barang-barang elektronika, tapi dalam kenyataannya masih juga banyak artikel yang campur-aduk topiknya.

Karena lagi semangat-semangatnya nge-blog jadi semua ingin saya tulis, bahkan tulisan saya kebanyakan cenderung tentang 'curhat' dan mementingkan diri sendiri. Padahal diluar sana banyak pembaca yang mungkin saja membaca artikel blog ini, baik itu sesama blogger maupun pengunjung dari search enginee.

Setelah banyak membaca blog-blog sahabat yang master dalam blogging, saya mulai mempelajari cara-cara menulis blog yang baik, agar materi yang disampaikan benar-benar dapat tertangkap oleh pembaca. Intinya, mencoba menulis untuk orang lain, siapa tahu dengan sesuatu yang kita tulis dapat memberikan manfaat bagi pembaca yang tengah mencari informasi.

Dan akhir-akhir ini baru saya sadari, ternyata ada beberapa website yang memasang link blog ini, padahal saya merasa blog ini masih sangat jauh dari kategori blog yang baik dan informatif. Seperti blog movie-ozone.com, saya tidak tahu apa alasannya blog tersebut memasang link blog ini. Padahal blog itu membahas seputar movie review dan berbahasa Inggris, sangat jauh dari tema blog ini.

Juga tadi saya lihat dari statistik blogger ternyata ada salah satu postingan saya tentang update bios pada laptop yang nongkrong di KASKUS, tepatnya disini: http://www.kaskus.us//showthread.php?t=5849885 .
Entah siapa sebenarnya member bernama kaskusl0vers itu, yang jelas saya berterimakasih padanya karena telah nge-link postingan saya  :D. 

Kedepannya saya akan mencoba memfokuskan blog ini untuk hal-hal yang bersifat umum dan informatif, sedangkan untuk postingan tentang curhat atau ngerumpi akan saya tulis di blog personal saya dwilion.com.

Advertisement

{ 10 Comments... read them below or add one }

Belantara Indonesia said...

Inilah yang jadi paradigma, positif memang, tapi weblog di baca seluruh dunia, jadi jangan hanya memuaskan diri sendiri tetapi cobalah menjadi orang lain atau pengunjung lain yg gak ada hubungannya dgn weblog, yg notabene mencari pengetahuan.. Istilahnya mas bro di atas aku tangkapnya menjadi semacam blog curhat pribadi bukan?..hehehhehe

Dwi said...

@ Belantara Indonesia: benar mas, mungkin karena saya masih belum matang dalam menulis, jadi susah untuk memilah antara hal pribadi dengan materi yang sebenarnya ingin disampaikan.

Kumpulan Informasi said...

saya menulis acak-acakan dan gak karuan soalnya isinya gado-gado

Sukadi said...

Kalau saya ditanya menulis blog untuk siapa, pastinya yang pertama untuk diri sendiri, kemudian baru untuk orang lain.
Bagi mereka yang punya pengetahuan/keahlian di bidang tertentu, membuat blog khusus tentunya tidak mengalami kendala, tapi mungkin berlaku juga untuk pengecualiannya.

Gaphe said...

Seneng mengetahui kalo artikel ato postingan yang kita tulis bisa bermanfaat buat orang lain..

Madzhab Bisnis OnLine said...

moga tetap semangat ngebLoGnya yach Bu...!!!
mudah-mudahan bermanfaat bagi pengunjung :D

Pakeko said...

Selamat bermanfaat!

vamos angie said...

hai.... just blogwalking....
sama,,, saya juga suka masih bingung sm blog saya... heheheheh

kamal said...

kalau itu ditanyakan ke saya, maka jawabannya adalah untuk diri saya dan orang lain. maksudnya pertama sekali untuk kepuasan diri sendiri karena sudah berhasil menuliskan sesuatu. sukur2 menulis dengan baik. nah kalau itu dibaca orang harapannya adalah ada manfaat buat yang membacanya. karena kadang2 sejelek apa pun tulisan kadang2 bisa bermanfaat untuk orang lain. apalagi kalau tulisan itu adalah berupa pengalaman kita yg mungkin orang lain ingin tahu.

r10 said...

wah saya juga pernah lihat dashboard blogger stats, dan mendapati ada yg ngelink ke blog aku dari forum kaskus

rasanya aku jadi GR :malu:

Post a Comment