Kerusakan Monitor LCD Mati Total


Advertisement


Masih melanjutkan meng-arsipkan kerusakan-kerusakan pada monitor, sebenarnya ini adalah pengalaman beberapa waktu yang lalu, tapi dikarenakan masih banyak kesibukan jadi baru bisa menulisnya sekarang, oia. selamat tahun baru 2011 ya.. Artikel kerusakan monitor LCD mati total ini masih berhubungan dengan artikel terdahulu tentang permasalahan pada monitor lcd Fujitsu, karena ternyata setelah dilakukan penggantian capasitor banyak lcd yang mengalami kerusakan.

Saya sempat bingung, apakah kerusakan tersebut disebabkan oleh capasitor yang tidak sesuai atau karena memang ada masalah tersendiri pada monitor Fujitsu tersebut. Tapi setelah melakukan reparasi ternyata memang kerusakan bukan karena salah mengganti kapasitor, yang paling banyak terjadi adalah lcd mati atau blok power supply sama sekali tidak mengeluarkan tegangan.

Ternyata kerusakan itu disebabkan karena ada salah satu dioda pada trafo converter yang mati/short. Dioda itu adalah dioda pada tegangan 12 volt, ya otomatis monitor pasti mati total, karena tidak ada tegangan 12 volt yang men-supply ke mainboard.


Gambaran lokasi dioda-nya seperti ditunjukkan diatas, blok itu merupakan bagian power supply sekaligus inverter pada monitor lcd Fujitsu VL-153se. Perhatikan pada dioda chip yang diberi lingkaran merah, dioda itulah yang mati, untuk menggantinya lebih mudah kalau menggunakan solder blower, setelah dioda 12 volt itu diganti, monitor akan langsung menyala normal.

Advertisement

{ 22 Comments... read them below or add one }

ingin tahu said...

sipp....met taun baru juga sob...aku klo merk fujitsu belum pernah menemui kerusakan....
tapi klo merk lain seperti LG, samsung,advance,dan merk2 lain yg familier di indonesia sering nemuin....dan kerusakan serupa pernah aku temui untuk merk samsung.....

Dwi said...

iya ko, memang merek Fujitsu di Indonesia adanya yang sudah dimodifikasi/refurbish. Wah, semoga tambah sukses ya ko bengkel+warnetnya ditahun 2011 ini.. amin.

rahmat yudhistira said...

nice blog..salam kenal..met tahun baru 2011

Dwi said...

@ Rahmat Yudhistira: salam kenal juga sob..

Realodix said...

Mantab artikelnya..
Met tahun baru sob..

Palih said...

Saya punya LCD merk LENOVO, saat ini LCD mati total dan lampu indikator tidak nyala, semua elco tidak ada yang melembung kira-kira apa penyakitnya ya Om, mohon bantuannya

adam said...

maaf numpang nanya, saya punya monitor fujitsu LCD VL-15TX36. kebetulan dr browsing cara ubah dr 110 ke 220. kebetulan elco saya liat menggelembung, saya ganti dengan elco 300uF 200v dan sy coba colok eh..malah sekeringnya putus (135v). gimana yah , apa saya perlu ganti sekering ke 250 v ???? mohon pembelajaran..

Anonymous said...

mau nanya : saya punya monitor fujitsu VL-15TX36 yg 110 kebetulan mau di ubah ke tegangan 220. dari hasil browsing bahwa elco di ganti, setelah saya ganti elco 300uF200V kemudian sy hidupkan ehh malah sekeringnya putus (135v), apakah saya perlu mengganti sekering ke 250 v ??? tolong penjelasan .

Dwi Jo said...

@ Palih: Kalau merek IBM/ Lenovo memang susah di repair.

Kalau sudah rusak power supply/ mati total, biasanya saya tukar-tukar (2 jadi 1).

Dwi Jo said...

@ Adam&Anonymous: Kalau monitor Fujistu biasanya habis ganti elco memang suka terbakar fuse-nya. Tapi sepengetahuan saya larinya tidak jauh dari fuse dan dioda peyearah (DBR).

Kalau memang sekring/ fuse putus, coba aja diganti. Tapi jangan lupa sebelum dihidupkan pastikan dulu komponen lain tidak ada yg mati.

Dulu waktu masih kerja di pabrik, sehari saya bisa dapat 100 biji lebih lho, ganti elco semua.

Anonymous said...

Salam.
Saya jg mengalami hal yg sama, Dioda supply 12 volt nya short, saya coba ganti dengan Dioda cabutan dari Mainboard, tetapi tetap saja tidak hidup, mohon petunjuk nya.

sebelum dan sesudah nya saya ucapkan terima kasih.

Dwi Jo said...

@ Anonymous: Seharusnya diganti dengan cabutan dari mainboard itu sudah bagus. Karena dioda memang tidak perlu type yg spesifik.

Coba di urut lagi jalur tegangan setelah dioda, mungkin ada komponen lain yg masih short?

Kalau semua tegangan tidak keluar, mungkin masalah bukan hanya pada blok 12volt-nya.

Kalau hanya tegangan 12volt yg ngedrop, pengecekan bisa dilanjutkan ke bagian lain seperti blog program, bagian inverter.

Kalau semua tegangan sudah normal, kemungkinan lampu latar yg mati.

Patokan saya biasanya untuk mengurut kerusakannya bisa dilihat dari tegangan tersebut normal atau tidak.

adamh said...

mas dwi jo, sekeringnya saya ganti dengan daya yang sama 135 v atu sy ganti dengan tegangan 250 v baiknya .dengan asumsi elco 300uF 200v. sy takut jika di colok dilistrrik malah akan merusak komponen lain, sy butuh sedikit penjelasan sebelum diaktifkan nih bang.

adamh said...

mas dwi jo, sekeringnya saya ganti dengan daya yang sama 135 v atu sy ganti dengan tegangan 250 v baiknya .dengan asumsi elco 300uF 200v. sy takut jika di colok dilistrrik malah akan merusak komponen lain, sy butuh sedikit penjelasan sebelum diaktifkan nih bang....... monitornya sampe saat ini belum saya hidupkan takut ntar merusak komponen lain, sy tunggu jawabannya.....tentang sekering/fuse yang saya ganti dari 135v menjadi 250v apakah akan terjadi masalah ?

Dwi Jo said...

@ Adamh: Justru memang sekeringnya harus diganti dengan yang 250volt/ 1.5A.

Bukankah selanjutnya akan digunakan pada tegangan PLN 220volt? Tapi jangan menggunakan elco 300uF/ 200volt. ya nanti pasti terbakar lagi, ganti dengan elco 400volt, kalau uF-nya tidak sama tidak menjadi masalah.

Kalau semua komponen tidak ada yang rusak, jika dihidupkan seharusnya tidak terbakar lagi.

adamh said...

ty. ntar sy coba ganti elco bang. trims infonya.bang

adamh said...

bang, LCDnya akhirnya nyala kembali. tp ko' gambarnya g karuan kotak2 dan bergaris2.. apa ada bagian yg rusak yah waktu kemaren skerinya putus ?

Dwi Jo said...

@ Adamh: Kalau tidak salah gambar yang bergaris/ kotak dengan warna tertentu itu biasanya karena lcd panel-nya rusak.

Jadi mungkin sebelum lcd tersebut rusak mati, dulu memang lcd panel/ screen-nya sudah rusak. kalau panel sudah rusak, terpaksa harus diganti dengan panel yang lain.

Anonymous said...

thx infonya ^^
ohya, sekedar tanya,
laptop saya mereknya Fujitsu seri Lifebook S7110. Waktu lagi di scan, mendadak crash (muncul layar biru, ada tulisan 'Hardware Malfunction' terus layarnya kedip-kedip)habis dimatikan, bisa dinyalakan lagi. Tapi setelah itu layar mendadak gelap, tapi gak mati. Masih keliatan icon-icon desktop dst. Tapi setelah dimatikan, gak bisa dinyalakan lagi. Terus suara power supply yg biasanya kedengeran udah gak kedengeran lagi. Tapi emang ada suara mesinnya. Terus CD Rom gak bisa dibuka.
Waktu itu pernah dibiarin beberapa saat, dinyalakan lagi bisa. Dan seterusnya bisa dipake. Begitu 5-6 hari, laptopnya balik lagi (monitor gak nyala). Itu kira-kira rusaknya bagian mana ya? Terus mau diperbaiki juga, gak bisa mindah data karena monitor gak ada tampilannya.
Thx

Dwi said...

@ Anonymous: sepertinya itu masalah perintah dari CPU yang error/ ngacak. Kemungkinan besar prosessornya yang rusak. Dan kalau mau diperbaiki biasanya harus dengan komponen dari model/ tipe laptop sejenis.

untuk memindah data, kalau laptop sudah tidak berfungsi, bisa dengan melepas harddisknya dan menggunakan soket harddisk eksternal yang dihubungkan dengan komputer lain.

arie said...

saya mau tanya nich.. monitor merck benq kok keluar contras trus kenapa ya ...

arifin fin said...

mau tanya bos q punya LCD merk trimax lampu indikator mati total tolong bos gimana memperbaikinya

Post a Comment