Contoh Kerusakan Flyback Monitor


Flyback atau FBT adalah komponen dalam monitor yang berfungsi membangkitkan tegangan tinggi yang digunakan untuk mensupply tabung/crt monitor, seperti juga terdapat pada tv crt. Pada monitor crt flyback merupakan elemen penting, karena tanpa flyback, monitor tidak akan menyala.
Flyback monitor Samsung (baru)
Saya ambil contoh misalnya flyback monitor Samsung, flyback Samsung termasuk mudah untuk mencari persamaannya bila mengalami kerusakan, yaitu hanya dengan mencocokkan tiap-tiap kaki/pin akan dapat dimodifikasi.

Pada monitor Samsung, kerusakan flyback biasanya ditandai dengan monitor mati dengan bagian power supply masih menyimpan tegangan. Kerusakan seperti ini disebabkan karena kapasitor pada flyback short/korslet.

Kerusakan yang paling banyak terjadi pada flyback Samsung yaitu gambar blur/buram apabila monitor dalam kondisi panas. Untuk kegunaan sementara, kerusakan seperti ini bisa diatasi dengan mencuci kabel focus dan membersihkan vr focus flyback dengan menggunakan thinner atau phillips contact cleaner. Tapi akan lebih baik jika diganti saja dengan flyback baru, karena sparepart flyback Samsung banyak dijual dipasaran, solusi lain ya seperti tadi, dengan modifikasi menggunakan flyback dari monitor lain.

Kerusakan Pada Monitor Samsung


Sebenarnya dari sekian banyak merk monitor CRT seperti Philips atau Dell, yang paling simple dan mudah dianalisa apabila mengalami masalah adalah kerusakan pada monitor Samsung. Ini dikarenakan desain PCB Samsung yang relatif sederhana dan menggunakan komponen sedikit tetapi efektif. Samsung, brand asal Korea ini rata-rata menggunakan komponen yang sama pada begitu banyak model monitor yang dikeluarkan, sehingga bila terjadi kerusakan memudahkan kita untuk mencari sparepartnya.

Artikel kali ini sebenarnya masih ada hubungannya dengan artikel terdahulu tentang penyebab monitor blank putih, yaitu sama-sama masih membahas kerusakan pada monitor Samsung. Kali ini akan kita selidiki tentang monitor yang rusaknya blanking atau gambar terlalu terang sehingga dapat menyebabkan kerusakan komponen pada akhirnya.

Umumnya monitor Samsung dengan gambar blanking disebabkan karena tegangan G1 (-75 volt) tidak bekerja. Sebabnya sendiri bisa bermacam-macam, yang paling umum adalah resistor G1 yang nilainya 240K ohm putus. Pokoknya tidak jauh-jauh dari area G1, seperti kemarin saya mendapat kerusakan blanking ini, semua jalur pcb G1 sudah diteliti dan didapati  normal, resistor tidak putus, dioda juga normal, tapi tegangan -75 volt setelah dioda tidak mau masuk ke resistor 240K ohm, apa sebenarnya penyebabnya?..

Ternyata selelah begitu lama menyisir, didapati capasitor mylar (153K/250V) mati atau short. Capasitor mylar ini letaknya  pada jalur G1 yang menuju ke transistor kecil didepannya (lupa saya nulis type-nya). Gambarnya seperti dibawah ini. Setelah mylar diganti, langsung mak byak.., gambar pada layar monitor menyala normal, tidak blanking lagi...

PCB Samsung
Capasitor mylar (153K/250V) dalam lingkaran merah rusak

Rindu Sama Ketoprak


Ketoprak, adalah makanan favoritku waktu di Tangerang dulu, kalau libur hari minggu pasti tidak pernah absen untuk beli ketoprak, pagi-pagi jam 09.00 sudah ngantri ditempat Ibu yang jualan ketoprak. Yang bikin seneng biasanya kalau belinya banyak suka dikasih bonus gorengan.. :). Maklum waktu itu satu kosan banyak temen, jadi kalau beli ya borongan.

Senengnya lagi sambil nungguin si Ibu bikin ketoprak biasanya anak perempuannya 'si eneng' suka ngajakin ngobrol gitu, orangnya asik n gampang nyambung kalau ngobrol, cewek sunda coy.. :D.

Sekarang sudah lama ga makan ketoprak, rindu banget deh sama ketoprak, hmm.. pengin segera pulang ketemu ketoprak. Ga tau apakah si Ibu itu masih jualan ketoprak apa enggak sekarang, informasi terakhir katanya 'si eneng' sudah menikah, wew.. ga ada kesempatan lagi.. ^_^.

Temennya ketoprak diantaranya gado-gado dan karedok. Perkataan ketoprak sendiri  sebenarnya ada dua definisi, berikut ini definisi ketoprak menurut mbah Wikipedia.
**Ketoprak adalah salah satu jenis makanan khas Indonesia dengan menggunakan ketupat yang mudah dijumpai. Biasanya ketupat dijajakan menggunakan kereta dorong di jalan-jalan atau di kaki lima.
**Ketoprak (bahasa Jawa: kethoprak) adalah sejenis seni pentas yang berasal dari Jawa. Dalam sebuah pentasan ketoprak, sandiwara yang diselingi dengan lagu-lagu Jawa, yang diiringi dengan gamelan disajikan.
Nah, jangan salah makan ketoprak lho.., teliti bener-bener sebelum ngambil ketoprak, :D

Ketoprak
Ini juga ketoprak

Aku Suka Musik, Kamu Suka Musik?


Musik, siapa sih yang ga kenal musik? Dari balita sampai manula semua hobi dengerin musik, hidup tidak berwarna tanpa musik. Bermacam-macam jenis alat musik dapat menghasilkan alunan nada merdu yang disebut musik.

Ada bermacam-macam jenis aliran musik, mulai dari pop, rock, techno, dance, dangdut, campur sari, dan juga aliran-aliran air lainnya. Apapun jenis musik itu, akan sangat indah didengarkan apabila sesuai dengan selera masing-masing, sehingga suatu alunan musik dapat menciptakan suasana tertentu bagi pendengarnya.

Aku suka musik, tak terbatas musik Indonesia saja, musik barat (istilah untuk musiknya orang bule) pun tak luput dari pendengaranku, yang penting enak ditelinga dan nyaman dihati.

Temenku pernah bilang, "kalau kamu lagi putus cinta jangan dengerin lagu-lagu yang sedih, ntar tambah kacau.." Ga tau juga benernya gimana, rasanya sama aja, kalau memang lagi sedih ya tetap aja sedih, walaupun musiknya disco.. ^_^. 

Musik kadang juga bisa membawa kita kembali ke masa lalu, maksudnya kalau dengerin lagu-lagu yang mempunyai memory tertentu seringkali akan membuka kembali kenangan itu.

Mendengarkan musik tidak ada batas tempat dan waktu, apalagi dengan kemajuan teknologi sekarang ini, dimanapun berada tetap bisa mengakses musik, ditempat kerja, dihutan, diatas pohon, ditoilet, dikamar kecil.. :D, bahkan disaat ngeblog-pun musik tetap setia menemani. Aku suka musik, kamu suka musik?

Pengertian Osilasi


Yang dimaksud dengan osilasi adalah variasi periodik, umumnya terhadap waktu yang didapatkan dari suatu hasil pengukuran, contohnya pada ayunan bandul. Istilah vibrasi sering digunakan sebagai sinonim osilasi, walaupun sebenarnya vibrasi merujuk pada jenis spesifik osilasi, yaitu osilasi mekanis.

Osilasi tidak hanya terjadi pada suatu sistem fisik, tapi bisa juga pada sistem biologi dan bahkan dalam masyarakat. Osilasi terbagi menjadi 2 yaitu osilasi harmonis sederhana dan osilasi harmonis kompleks. Dalam osilasi harmonis sederhana terdapat gerak harmonis sederhana (Wikipedia)

Manfaat Korek Api


Kalau mendengar sebutan korek api, mungkin yang terfikir pertama kali adalah pasangannya yaitu rokok. Biasanya lebih mudah mencari rokok daripada mencari korek api, contohnya waktu lagi ngumpul-ngumpul di perempatan atau nongkrong di terminal, kadang ada orang menyapa kita "mas, pinjam korek apinya dong" atau "mas, punya korek api nggak?".

Sangat jarang mendengar perkataan "mas, punya rokok nggak?" atau lebih lugasnya "mas, minta rokoknya dong.." sedikit orang bilang seperti ini, mungkin karena malu atau gengsi. Selain untuk menghidupkan rokok, korek api juga bisa bermanfaat untuk menambah teman baru, seperti saya bilang tadi, bermula dari pinjam korek api kemudian diteruskan merokok bareng dan ngobrol dalam suasana akrab, nah tambah teman lagi kan?
Korek api
 Tetapi lebih dari sekedar untuk menyalakan rokok sebenarnya korek api mempunyai manfaat yang lebih besar yaitu untuk menyalakan api atau menciptakan api. Lho bukannya itu sama saja dengan menyalakan rokok tadi kang? Haha.. maksud saya fungsi korek api secara umum untuk menciptakan api.

Api dalam arti nyata adalah suatu bentuk benda/zat yang sangat panas, bagaimana kalau api didalam jiwa kita? Apakah juga panas? Apakah didalam jiwa kita juga memerlukan korek api untuk menyalakan apinya? Jika iya, seperti apakah wujud korek api tersebut? Dari mana ia berasal?...

Jenis Jenis Frekuensi Radio


Mengacu kepada SK 92/DIRJEN/1994, bahwasannya, RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) ditetapkan sebagai induk organisasi yang mewadahi pengguna KRAP (Komunikasi Radio Antar Penduduk) diberikan alokasi frekuensi oleh pemerintah untuk dipergunakan oleh anggotanya di seluruh Indonesia.

Adapun jenis jenis frekuensi tersebut diantaranya :
1. Band HF (High Frequency) dan
2. Band VHF (Very High Frequency)
Walaupun demikian, bukan berarti seluruh frekuensi di kedua band tersebut dapat dipergunakan begitu saja, melainkan dibatasi sesuai dengan kewenangan pemerintah.
Alokasi frekuensi band HF (High Frequency) untuk organisasi RAPI di Indonesia diberikan keleluasaan dari Frek 26.960 Mhz hingga 27.410 Mhz. Sedangkan Band VH (Very High Frequency) mulai 142.0375 Mhz sampai 143.5375 Mhz. (Sumber:, Buku Panduan RAPI Daerah 10 Jawa Barat)
Namun tahukah seluruh anggota RAPI di Indonesia tentang band dan sifat perambatan suatu frekuensi radio?
Saya meyakini bahwa pengguna alat komunikasi, khusunya anggota RAPI, mayoritas hanya mengenal 2 band saja, yaitu HF dan VHF. Itupun hanya sebatas nama band. Akan tetapi mengenai nama Band lain, Panjang Gelombang, Batasan Frekuensi dan Nama Gelombangnya kemungkinan besar tidak banyak anggota RAPI yang tahu. Namun Secara umum, jenis frekuensi yang digunakan oleh radio komunikasi adalah VHF (Very High Frequency) dan HF (High Frequency).
Sebelum mengetahui nama Band, Panjang Gelombang, Batasan Frekuensi dan nama gelombang radio, alangkah baiknya kita mengenal lebih dulu kedua jenis band yang biasa kita pergunakan selama ini.
Apa yang dinamakan VHF (Very High Frequency) ?
VHF (Very High Frquency) -- istilah radio komunikasi yag dipergunakan anggota RAPI adalah 2 meter band-- biasanya dipergunakan untuk radio komunikasi jarak dekat. Sebenarnya band ini memancar pada frekuensi 100 Mhz hingga 300 Mhz.
Mengapa demikian? Karena gelombang radio yang dipancarkan tersebut arahnya berbentuk garis lurus (horizontal). Sebagai contoh, apabila jarak antara pengguna 2 stasiun radio komunikasi, salah satu diantarnya terdapat hambatan atau halangan objek seperti gunung, pohon, bangunan tinggi, yang posisinya lebih tinggi dibanding tempat yang bersangkutan mengudara (pancaran gelombang radionya lebih rendah dibanding penghalang atau hambatannya), maka sudah pasti transmisi yang dikirimkan ataupun diterima akan terhambat pula.
Dari kesemua penghalang dan hambatan sifatnya berbeda-beda. Misalkan jika hambatanya berupa sebuah gunung, maka gelombang yang dipancarkan akan dipantulkan kembali, sehingga transmisi yang yang dikirimkan kepada lawan komunikasi kita tidak akan mencapai tujuan. (Untuk menyiasati kendala seperti ini, ada sebagian anggota RAPI yang mempergunakan antene pengarah dengan cara memantulkannya ke pegunungan lain yang tidak bergaris lurus dengan lawan bicaranya, tujuannya agar pantulan gelombang transmisinya dapat memantul dan mengarah kepada lawan bicaranya).
Lain lagi dengan hambatan sebuah pohon. Keberadaan gelombangnya masih ada dan dapat dipancarkan kelawan komunikasi atau stasiun tujuan. Akan tetapi transmisinya sangat lemah sehingga tidak dapat diterima dengan jelas.
Dan yang paling tidak menguntungkan adalah bangunan tinggi sebagai hambatannya. Karena apabila salah satu penggunanya terhalang oleh sebuah bangunan maka gelombang yang dipancarkannya akan hilang dan berhenti saat mengenai bangunan tersebut.

Apa yang dinakaman HF (High Frequency) ?
HF (High Frequency) adalah radio komunikasi yang gelombangnya bekerja pada frekuensi 2 Mhz sampai 24 Mhz. Radio komunikasi ini biasanya dipergunkaan untuk berkomunikasi jarak jauh. Alasannya karena sifat gelombangnya yang dapat memantul dan tidak memiliki efek hambatan pada objek atau lawan komunikasi.
Hebatnya, kemampuan frekwensi ini dapat memantul hingga lapisan ionosphere. Dan kelebihan lainnya adalah jika seorang komunikator menggunakan radio di frekuensi ini, jarak sejauh apapun dapat dijangkau. Itupun apabila cuaca bagus. Karena radio komunikasi ini masih tergantung kepada provagasi.
Sifat dan kerja radio komunikasi ini adalah pancaran gelombangnya dikirimkan terlebih dahulu melewati lapisan ionosphere dan kemudian memantulnya kembali ke bumi menuju stasiun tujuan. Untuk pancaran gelombang kedua yang terhambat oleh objek, akan memantul terus menerus sampai ke stasiun tujuan.
Kedua jenis frekwensi diatas dapat kita lihat dan kita ketahui perbedaannya. Persoalannya, akan mempergunakan radio frekuensi mana yang cocok untuk berkomunikasi sesuai dengan keinginan kita. Tinggal memilih sisi kegunaanya saja. (EQ, dari berbagai sumber)

1. NAMA BAND : Very Low Frequency (VLF)
PANJANG GELOMBANG : > 10 km
FREKUENSI : < 30 kHz
NAMA GELOMBANG : Gelombang Myriametrik

2. NAMA BAND : Low Frequency (VLF)
PANJANG GELOMBANG : 1 - 10 km
FREKUENSI : 30 - 300 Khz
NAMA GELOMBANG : Gelombang Kilometer

3. NAMA BAND : Medium Frequency (MF)
PANJANG GELOMBANG : 100 - 1.000 m
FREKUENSI : 300 - 3.000 kHz
NAMA GELOMBANG : Gelombang Hektometer

4. NAMA BAND : High Frequency (HF)
PANJANG GELOMBANG : 10 - 100 m
FREKUENSI : 3 - 30 MHz
NAMA GELOMBANG : Gelombang Dekameter

5. NAMA BAND : Very High Frequency (VHF)
PANJANG GELOMBANG : 1 - 10 km
FREKUENSI : 30 - 300 MHz
NAMA GELOMBANG : Gelombang Meter

6. NAMA BAND : Ultra High Frequency (UHF)
PANJANG GELOMBANG : 10 - 100 cm
FREKUENSI : 300 - 3.000 MHz
NAMA GELOMBANG : Gelombang Decimeter

7. NAMA BAND : Super High Frequency (SHF)
PANJANG GELOMBANG : 1 - 10 cm
FREKUENSI : 3 - 30 GHz
NAMA GELOMBANG : Gelombang Centimeter

8. NAMA BAND : Extremely High Frequency (EHF)
PANJANG GELOMBANG : 1 - 10 mm
FREKUENSI : 30 - 300 GHz
NAMA GELOMBANG : Gelombang Milimeter

 Referensi: RAPI

Pengertian Resonansi


Apakah pengertian resonansi? Resonansi adalah proses bergetarnya suatu benda dikarenakan ada benda lain yang bergetar, hal ini terjadi karena suatu benda bergetar pada frekwensi yang sama dengan frekwensi benda yang terpengaruhi. 

Contoh Resonansi
Terjadinya resonansi bisa berakibat menguntungkan maupun merugikan kita, berikut ini contoh-contoh terjadinya resonansi:
Resonansi yang menguntungkan: resonansi pada alat musik (gitar, genderang, gamelan, dll).
Resonansi yang merugikan:  resonansi suara deru pesawat bisa membuat kaca turut bergetar, dan bahkan pecah.

Resonansi Stokastik
Sedangkan resonansi stokastik adalah suatu fenomena di mana suatu sistem non-linier di bawah pengaruh suatu sinyal periodik termodulasi yang amat lemah sehingga secara normal tidak terdeteksi, akan tetapi dapat terdeteksi disebabkan terjadinya resonansi antara sinyal deterministik yang lemah tersebut dengan gangguan (noise) stokastik. Definisi paling awal dari resonansi stokastik adalah kekuatan sinyal keluaran maksimum sebagai fungsi dari gangguan (Bulsara dan Gammaitoni 1996).

Contoh Resonansi Stokastik
Terdapat banyak contoh-contoh resonansi stokastik, beberapa di antaranya adalah rangkaian elektronik trigger Schmitt, dioda tunnel, sistem biologi pada respon syaraf penglihatan, kanal ionik, aplikasi medis, laser cincin bistabil dan devais interferensi kuantum super-menghantar (dirangkum dari berbagai sumber).

Servis Kerusakan Laptop Acer


Kemarin mendapat kerjaan servis kerusakan laptop Acer dengan kerusakan port USB tidak dapat berfungsi, untung langsung ada tindakan cepat untuk mengantisipasinya. Langsung bergerilya membuka covernya dan mendeteksi segala kemungkinan yang menyebabkab port USB mengalami kegagalan kerja. Dari mulai cek software driver sampai meneliti bagian-bagian motherboard yang serba rumit, hingga akhirnya didapat kesimpulan bahwa yang mengalami kerusakan adalah port USB itu sendiri, ini karena didapati semua software dan bagian-bagian lain dalam motherboard dalam kondisi fit..

Setelah positif segera dilakukan tindakan selanjutnya untuk mengganti port yang rusak dengan sparepart baru, langsung di cek--ganti--roger--dikopi--lanjut..., jreng .. Port USB sudah dapat berfungsi normal kembali. Wah.. ternyata tidak begitu rumit, tidak seperti laptop sebelumnya Dell dan Samsung, yang rusaknya bikin kepala nggliyeng.. dan otak runyam..

Laptop Acer yang rusak USBnya
 Sudah OK langsung tutup cover tanpa mempertimbangkan apapun, test OK dan dikembalikan kepada konsumen, eh... ternyata berbuntut panjang, besok paginya yaitu hari ini konsumen tadi kembali datang dan komplain "mas, ini koq tutup keyboard-nya masangnya mlese gini?" wah.. wah.. berarti gak beres nih.. kerjaan kemarin.

Hmm.. harus kerja dua kali nih, ya sudahlah.. kata mas Bondan mengiyakan. Dan jadilah laptop Acer itu kembali dibuka, kali ini dengan penuh perhitungan, papan keyboard diangkat keluar dan dibenerin bagian yang bengkok, wah ternyata bener bengkok masangnya, memang kalau kerja diburu-buru itu hasilnya tidak maksimal.
Keyboard yang harus dicat ulang
Habis dibenerin bagian yang bengkok tadi biar tambah joss.. langsung ditambahin cat baru, jadinya di spray dengan cat hitam seperti gambar diatas, sebelum di cat harus ditutup rapat dulu bagian atas keyboard agar supaya cat tidak mengenainya, wah.. kalau sampai kena cat tambah parah nih, bisa-bisa didenda nanti sama si pelanggan wkwkwk.. akhirnya beres juga mengerjakan laptop Acer tadi.

Uneg-uneg saya: Dari kejadian tersebut bisa saya simpulkan bahwa kalau kita mau berbisnis harus mengutamakan kepuasan pembeli/pelanggan, karena pembeli adalah raja ^_^ rajawali...
Jangan ceroboh dan menyepelekan pekerjaan, sekecil apapun itu, karena konsumen akan tau dan kalau konsumen kecewa dengan pelayanan kita, bisa-bisa kita bangkrut ditinggalkan pelanggan..

Tiwul Instan, Wujud Nasi Tiwul Modern


 Pada tau nggak dengan yang namanya nasi tiwul? Nasi tiwul adalah makanan tradisional yang terbuat dari singkong/ketela pohon, yang umumnya masih diolah secara tradisional oleh para penduduk. Tapi sekarang ini sudah ada tiwul yang berbentuk kemasan, namanya tiwul instan, simak laporan berikut ini, yang disadur dari Media Industri (No.1.2008) Departemen Perindustrian RI.

Umbi singkong (ketela pohon/cassava) sudah sejak lama dikenal masyarakat Indonesia sebagai salah satu bahan makanan yang cukup penting sebagai sumber asupan karbohidrat.

Selama ini masyarakat di pedesaan biasanya mengkonsumsi singkong dengan cara dimasak langsung (direbus, dikukus dan digoreng) atau dikeringkan terlebih dahulu di bawah terik matahari untuk dijadikan gaplek. Sebelum dimasak, gaplek biasanya ditumbuk terlebih dahulu menjadi tepung gaplek untuk selanjutnya dimasak dengan cara dikukus menjadi makanan yang dikenal dengan sebutan tiwul.

Sebagian masyarakat di pedesaan ada juga yang memanfaatkan umbi singkong sebagai bahan dasar pembuatan tape (di wilayah Jawa Barat dikenal dengan istilah peuyeum sampeu) melalui proses fermentasi dengan menggunakan ragi tape. Produk makanan berbahan baku umbi singkong khususnya goreng singkong dan tape sebetulnya sudah cukup memasyarakat sebagai makanan ringan yang banyak dijajakan oleh para pedagang makanan gorengan.
Berbeda dengan gorengan umbi singkong yang relatif banyak dikenal anggota masyarakat, makanan tiwul sampai saat ini masih belum begitu populer di masyarakat, terutama di perkotaan mengingat proses pembuatannya yang relatif cukup memakan waktu. Namun dari sisi pembentukan cadangan pangan, cara pembuatan tiwul yang melalui tahapan pembuatan gaplek sebetulnya memiliki kelebihan dibandingkan dengan konsumsi umbi singkong secara langsung. Sebab, gaplek bisa tahan disimpan lebih lama ketimbang disimpan dalam bentuk umbi singkong biasa.

Gaplek singkong yang diolah secara tradisional menjadi tiwul selama ini belum begitu dikenal sebagai sumber bahan makanan pokok masyarakat. Selain karena proses pembuatannya yang cukup memakan waktu, tiwul tradisional juga memiliki kandungan gizi yang relatif rendah jika dibandingkan dengan jenis makanan lainnya.

Namun demikian dari sisi ketahanan pangan, pemberdayaan tiwul sebagai alternatif sumber makanan tetap perlu diperhitungkan. Lebih-lebih apabila sentuhan teknologi dapat mengatasi kendala ketidakpraktisan dan lamanya waktu proses penyiapan makanan tiwul. Sentuhan teknologi kembali diharapkan dapat mengatasi persoalan rendahnya kandungan gizi dalam bahan makanan tiwul melalui proses fortifi kasi (pengayaan kandungan nutrisi dengan berbagai zat gizi yang dibutuhkan tubuh manusia).

Pemberdayaan tiwul sebagai salah satu alternatif sumber makanan bagi masyarakat diyakini dapat memperkuat ketahanan pangan nasional. Sebab, pemberdayaan tiwul sebagai sumber alternatif makanan masyarakat dapat mensukseskan program diversifi kasi pangan di dalam negeri. Dengan demikian, pemberdayaan tiwul dapat turut mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap sejumlah bahan pangan utama seperti beras, terigu, jagung, kedelai dll.

Adalah PT Sinar Sukses Sentosa yang telah memprakarsai pembuatan tiwul instan (titan) dalam skala komersial dari bahan baku umbi singkong. Perusahaan yang berlokasi di Gunungkidul, Yogyakarta ini telah beroperasi sejak tahun 2002 dengan memanfaatkan hasil penelitian dan pengkajian serta technical assistance dari PT Indofood Sukses Makmur Tbk Bogasari Flour Mills.

Produk tiwul instan buatan PT Sinar Sukses Sentosa kini sudah dipasarkan di kalangan masyarakat khususnya di wilayah Gunungkidul, Yogyakarta dan di sejumlah daerah lainnya. Animo masyarakat terhadap produk tiwul instan cukup tinggi terbukti dengan larisnya penjualan tiwul di wilayah-wilayah pemasaran tersebut. Hal itu menunjukkan penerimaan masyarakat terhadap produk tiwul instan itu cukup tinggi.

Kini PT Sinar Sukses Sentosa memasarkan produk tiwul instan dalam kemasan ukuran 250 gram dan dalam kemasan ukuran 5 kg dengan menggunakan merk Rr. Srikandi. Srikandi merupakan merk tiwul instan yang didesain sangat mirip dengan tiwul tradisional, baik dalam hal bau, rasa dan tekstur. Bedanya adalah produk tiwul instan ini telah diperkaya dengan zat-zat gizi yang dibutuhkan tubuh manusia seperti Vitamin A, Zat Besi, Protein dan Iodium. Perbedaan lainnya, tiwul instan Srikandi dibuat melalui proses pabrikasi yang higienis melalui sistem kontrol yang ketat dan dengan menerapkan standard mutu bahan yang ketat pula.

Tiwul instan Srikandi dibuat dari bahan utama berupa tepung singkong yang diperkaya (difortifi kasi) melalui pencampuran bahan tepung jagung, vitamin dan mineral serta air. Melalui proses pengeringan tanpa menggunakan bahan pengawet, produk tiwul instan Srikandi bisa tahan disimpan sampai hampir satu tahun. Produk tiwul instan Srikandi kini sudah memiliki sertifi kat halal dari MUI dan telah lolos pengujian Badan POM.

Dengan sentuhan teknologi modern, tiwul instan Srikandi dapat menjadi bahan makanan warisan budaya asli bangsa Indonesia yang bergengsi dan kaya akan nilai gizi dan nutrisi. Cara memasaknya pun cukup praktis dan mudah serta penyajiannya hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit.

Setiap bulannya PT Sinar Sukses Sentosa memproduksi tidak kurang dari 8,6 ton atau 500 kg per hari tiwul instan Srikandi yang terbagi dalam dua jenis produk, yaitu Srikandi rasa manis gula jawa dan Srikandi rasa tawar yang dapat ditambah rasa asin atau manis sesuai dengan selera konsumen. Selain itu, perusahaan juga memproduksi tepung singkong (cassava) dengan rata-rata volume produksi 250 ton per bulan.

Tepung singkong dimaksud berbeda dengan tepung tapioka karena tepung singkong dibuat melalui proses pengeringan bahan baku umbi singkong terlebih dahulu hingga kadar airnya menyusut tianggal 10%. Umbi singkong yang telah kering tersebut kemudian digiling hingga halus menjadi tepung singkong yang masih tetap mengandung serat umbi. Sedangkan tepung tapioka dibuat dengan cara menggiling dan memeras umbi singkong sehingga diperoleh sari pati umbi singkong yang kemudian dikeringkan menjadi tepung pati singkong.

Virus Komputer Terbaru


Berikut ini contoh-contoh virus komputer terbaru 2010 yang paling berbahaya menurut forumkami.com, hati-hati.. virus komputer selalu mengintai PC Anda, lakukan tindakan pencegahan sebelum terlambat.. ^_^. Serangan virus jenis VBScript masih sangat tinggi, ini terbukti dari banyaknya laporan yang mengeluhkan perihal virus jenis script ini. Satu virus yang melesat tinggi ke urutan pertama adalah Discusx.vbs. Bila Anda masih ingat dengan virus ini, di Virus Top-10 edisi Maret 2008 yang lalu, virus Discusx.vbs berada di urutan 5, namun kali ini dia melesat naik ke urutan pertama. Berikut daftar selengkapnya virus komputer terbaru yang paling berbahaya:

1. Discusx.vbs
Virus VBScript yang satu ini, memiliki ukuran sekitar 4.800 bytes. Dia akan mencoba menginfeksi di beberapa drive di komputer Anda, termasuk drive flash disk, yang jika terinfeksi akan membuat file autorun.inf dan System32.sys.vbs pada root drive tersebut. Selain itu, ia pun akan mengubah caption dari Internet Explorer menjadi “.:iscus-X SAY MET LEBARAN! [HAPPY LEBARAN ?!]::.”.

2. Reva.vbs
Lagi, virus jenis VBScript yang lumayan banyak dikeluhkan oleh beberapa pembaca. Ia akan mencoba menyebarkan dirinya ke setiap drive di komputer Anda termasuk drive flash disk. Pada drive terinfeksi akan terdapat file reva.vbs, autorun.inf, dan shaheedan.jpg. Selain itu, ia pun akan mengubah halaman default dari Internet Explorer agar mengarah ke situs lain.

3. XFly
PC Media Antivirus mengenali dua varian dari virus ini, yakni XFly.A dan XFly.B. Sama seperti kebanyakan virus lokal lainnya, ia dibuat menggunakan Visual Basic. Memiliki ukuran tubuh sebesar 143.360 bytes tanpa di-compress. Dan ia dapat menyamar sebagai folder, file MP3 WinAmp atau yang lainnya dengan cara mengubah secara langsung resource icon yang ada pada tubuhnya. Ini akan lebih mempersulit user awam dalam mengenalinya. Pada komputer terinfeksi, saat menjalankan Internet Explorer, caption-nya akan berubah menjadi “..:: x-fly ::..”, dan saat memulai Windows pun akan muncul pesan dari si pembuat virus pada default browser. Atau setiap waktu menunjukan pukul 12:30, 16:00, atau 20:00, virus ini pun akan menampilkan layar hitam yang juga berisi pesan dari si pembuat virus.

4. Explorea
Virus yang di-compile menggunakan Visual Basic ini hadir dengan ukuran sekitar 167.936 bytes, tanpa di-compress. Menggunakan icon mirip folder standar Windows untuk mengelabui korbannya. Virus ini akan menyerang Registry Windows Anda dengan mengubah default open dari beberapa extension seperti .LNK, .PIF, .BAT, dan .COM. Pada komputer terinfeksi, disaat-saat tertentu terkadang muncul pesan error, contohnya pada saat membuka System Properties.

5. Gen.FFE
Gen.FFE atau pembuatnya menamakan Fast Firus Engine merupakan salah satu program Virus Generator buatan lokal. Dengan hanya menggunakan program ini, tidak dibutuhkan waktu lama untuk dapat menciptakan virus/varian baru. Virus hasil keluaran program ini menggunakan icon mirip gambar folder standar bawaan Windows. Ia pun akan memblokir akses ke Task Manager, Command Prompt, serta menghilangkan beberapa menu di Start Menu. Ia juga akan membaca caption dari program yang aktif, apabila terdapat string yang berhubungan dengan antivirus maka program tersebut akan segera ditutup olehnya.

6. Hampa
Virus yang juga dibuat menggunakan Visual Basic dan ber-icon-kan folder ini memiliki ukuran tubuh sekitar 110.592 bytes, tanpa di-compress. Banyak sekali perubahan yang ia buat pada Windows, seperti Registry, File System, dan lain sebagainya, yang bahkan dapat menyebabkan Windows tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya. Pada komputer yang terinfeksi oleh virus ini, saat memulai Windows akan muncul pesan dari si pembuat virus.

7. Raider.vbs
Virus jenis VBScript ini berukuran sekitar 10.000 bytes, jika file virus dibuka dengan Notepad misalnya, maka tidak banyak string yang bisa dibaca karena dalam kondisi ter-enkripsi. Pada Registry, ia pun memberikan pengenal dengan membuat key baru di HKLM\Software dengan nama sama seperti nama pada computer name, dengan isinya berupa string value seperti nama virus tersebut, Raider, serta tanggal komputer tersebut kali pertama terinfeksi.

8. ForrisWaitme
Virus yang dibuat dengan Visual Basic ini menggunakan icon mirip folder standar Windows untuk melakukan penyamarannya. Beberapa ulahnya adalah menukar fungsi tombol mouse kiri dengan kanan, menghilangkan menu Folder Options, membuat file pesan “baca saya.txt” pada drive terinfeksi, dan masih ada yang lainnya.

9. Pray
Virus lokal ini dibuat menggunakan Visual Basic. Kami mendapati 2 varian dari virus ini, untuk varian Pray.A tidak memiliki icon, sementara untuk varian Pray.B menggunakan icon mirip Windows Explorer. Jika komputer terinfeksi oleh virus ini, saat penunjuk waktu di komputer tersebut menunjukan pukul 05:15, 13:00, 16:00, 18:30, dan atau 19:45, virus ini akan menampilkan pesan yang mengingatkan user untuk melakukan shalat.

10. Rian.vbs
Virus VBScript ini memiliki ukuran 3788 bytes. Saat menginfeksi, ia akan menciptakan file baru autorun.inf dan RiaN.dll.vbs pada setiap root drive yang terpasang di komputer korban, termasuk Flash Disk. Komputer yang terinfeksi oleh virus ini, caption dari Internet Explorer akan berubah menjadi “Rian P2 Humas Cantiq.

Cara Membuat Flip Flop


Mari kita bahas bagaimana cara membuat flip flop dengan komponen utama dua buah transistor FCS913 atau tipe yang sejenis. Selengkapnya, komponen-komponen yang diperlukan untuk membuat flip flop 2 transistor ini adalah:

* R1, R3: 22 K Ohm
* R2, R4: 150 Ohm
* TR1, TR2: FCS913 atau yang sejenis.
* C1, C2: 47 Uf/16 Volt.
* Tegangan DC: 3 sampai 12 Volt
 * 2 buah LED.
Skema ragkian Lampu Flip-Flop
Skema rangkaian flip flop 2 transistor

Sebaiknya menggunakan PCB kosong kemudian lukis jalur rangkaiannya dengan mengikuti skema gambar diatas, atau bisa juga membuat rangkaian flip flop ini menggunakan project board. Pasang semua rangkaian seperti skema diatas, kemudian solder semuanya, dan test dengan memberikan tegangan masukan dari adaptor/power supply.

Kalau berhasil maka LED akan menyala berkedip secara bergantian,  kecepatan kedip dari LED dapat diatur dengan cara mengubah nilai capasitor/elco 47 Uf/16 volt sesuai yang diperlukan.