Timah Solder (Tenol) Yang Baik


Advertisement
Paling banyak dijumpai dipasaran, tenol atau timah solder berukuran diameter kecil dengan gulungan kecil juga. Kalau kita mau membeli timah biasanya akan ditanya dua pilihan, mau yang jenis biasa atau timah yang bagus? Yang jenis biasa maksudnya timah solder tanpa campuran sejenis borax (solder paste), sedangkan timah solder yang bagus ada campuran borax didalamnya, sehingga akan memudahkan timah melekat pada pcb saat digunakan.

Tetapi kalau dipabrik elektronik, timah solder yang digunakan memiliki diameter lebih besar, dan satu gulung biasanya seberat 1 kilogram, timah solder seperti ini dipakai untuk penyolderan produksi. Menurut saya, timah jenis ini lebih baik, atau karena saya sudah terbiasa memakai yang jenis timah besar ini jadi merasa lebih cocok. Tapi untuk pemakaian menyolder memang mantap, apalagi digunakan bersama-sama solder iron yang bermata besar, tentunya solder yang berkualitas bagus. Kalau untuk dipasaran saya kurang tau, apakah timah solder jenis ini tersedia atau tidak.

Tapi untuk pilihan alternatif, antara dua jenis timah solder yang saya sebutkan diatas tadi, saya akan memilih timah yang berkualitas bagus walaupun harus mengeluarkan uang lebih, itu tidak menjadi masalah kalau dapat menghasilkan barang yang lebih bagus.

Advertisement

{ 1 Comments... read them below or add one }

ahmil said...

wah mantep nih infonya,,sesuai dengan jurusan ane,,,
mampir juga yah di blog saya yang sederhana ni,,hhii

Post a Comment