Pengertian PCB (Printed Circuit Board)


Advertisement


Apa yang dimaksud dengan PCB? Printed Circuit Board atau biasa disingkat PCB adalah sebuah papan yang digunakan untuk mendukung semua komponen-komponen elektronika yang berada diatasnya, papan PCB juga memiliki jalur-jalur konduktor yang terbuat dari tembaga dan berfungsi untuk menghubungkan antara satu komponen dengan komponen lainnya.

PCB
Bahan yang digunakan untuk membuat PCB adalah sejenis fiber sebagai media isolasinya yang dilapisi cat berwarna hijau, sedangkan untuk jalur konduktor menggunakan tembaga. Ada beberapa macam jenis PCB menurut kegunaannya yaitu PCB 1 side (biasa digunakan pada rangkaian elektronika seperti radio, TV, dll) PCB double side (maksudnya kedua sisi PCB digunakan untuk menghubungkan komponen) dan PCB multi side ( bagian PCB luar maupun dalam digunakan sebagai media penghantar, misalnya pada rangkaian-rangkaian PC).

Advertisement

{ 7 Comments... read them below or add one }

Belantara Indonesia said...

artikel teknologi tinggi dan mendunia gini selalu aku kok blas ga mudeng yo mas...huehueheue...mungkin aku yg oon kali ya....asem ki...

Dwi said...

haha.., mendunia gimana mas, tetep masih keren jalan-jalan mendaki gunung koq mas, hhh..

Blogger Pemula said...

Ohh...jadi PCB ini toh yg jd "ibu"-nya mainboard PC...oke dh tambah satu daftar pustaka di otak. Trims.

Batara Emas said...

Terima kasih telah berbagi, nice info

Gaphe said...

yup..mengenang kembali elektronika SMP dulu.. jaman itu disuruh bikin PCB flipflop, dikasih papan PCB kosongan, suruh bikin sendiri. Untung tekniknya dah diajarin #dan sekarang lupa.

ribet pokoknya!

Imtikhan said...

salam sahabat
tambah pengetahuan sob
baru tahu aku
makasih ya

aciid !!!!!! said...

klo motherboard ntue bsa dsebut PCB g ?

Post a Comment