Kerusakan Laptop Lenovo (Kembali Ngeblog)


Advertisement
Temen-temen, sudah seminggu ini semangat ngeblog saya menurun, saya seperti kehilangan selera untuk update posting, bahkan melihat blog ini saja rasanya buenci banget. Jadi mohon maaf bagi temen-temen yang sudah BW kesini jika saya belum bisa balas BW, soalnya memang emosi saya lagi tidak stabil. Begitu banyak cerita yang ingin ditulis, sampai tidak tau harus memulai dari mana, jadinya mending tidak usah nulis dulu.

Malam ini sudah ada semangat lagi untuk menulis, jadi sekalian ini mau cerita tentang kerjaan, tadi ditempat kerja ada customer yang rewel banget minta dibenerin laptopnya. Baru beli beberapa hari sudah dibalikin, katanya kipas didalam laptop gak mau jalan/berputar. Type laptopnya Lenovo ThinkPad T60, termasuk produk keluaran lama.

Tanpa pikir panjang langsung saja dibongkar tuh laptop, lumayan ribet juga bongkarnya. Seperti biasa dalam pembongkaran laptop harus super hati-hati, niat benerin bisa jadi malah ngrusak kalau gak dijaga. Setelah semua dibuka, giliran ngetest menyalakan laptop. Lho.. kipasnya mau jalan, tapi memang dalam kondisi Windows sudah loading, kipas mulai mati. Berarti yang rusak bukan kipasnya, atau jangan-jangan karena memang desain fungsi kipasnya begini.

Kemudian dicoba deh dibandingin dengan laptop lain yang satu type, oh ternyata memang sama, kipas hanya mau berputar dalam posisi laptop start menyala. Akhirnya dianalisa dan disimpulkan bahwa memang kegunaan kipas itu hanya apabila prosessor dalam keadaan panas, jadi kipas akan otomatis berputar jika temperature didalam laptop mencapai suhu tertentu. Habis kerja deh, walaupun harus capek-capek bongkar laptop gak ada hasil, tapi sudah ada kesimpulan yang tepat.

Dan ketika pembeli itu datang lagi, tinggal dikasih penjelasan yang meyakinkan sampai dia cuma bisa manggut-manggut, dan membawa laptopnya pulang dengan hati plong, karena laptopnya tersebut tidak rusak. Ternyata pandai berbicara dan ber-argumen itu sangat penting dalam suatu bisnis. Asal jangan bicara menipu lho..

Advertisement

{ 12 Comments... read them below or add one }

Gaphe said...

setidaknya selalu ada saja yang bisa dipelajari dari setiap kejadian kaan Dwi?.. walaupun udah capek2 bongkar leptop.

Dwi said...

iya mas, belajar dari praktek dilapangan memang lebih baik daripada cuma banyak teori.. :D

Belantara Indonesia said...

Untunglah ga rusak boss...kalo emang kipas nya rusak, ganti aja pake kipas yg buat pengantin tu....biar capek sekalian yg punya laptop...kwkwwkkwk

Dwi-jo said...

@ Belantara Indonesia: haha..., rencananya iya mas, kalau masih ngotot juga mau tak kasih blower ac sekalian..

BLOG-SANTAI said...

haha.. Semangat donk bro..
Mood emang dengan mudah bisa berubah sesuai dg situsai dan kondisi *halah*

Apa aja deh diposting yg penting bisa dibaca,
Termasuk laptop yg sebenarnya sehat2 wae ini
wakwwkwkwk :P

Gadget News|Tech Blog said...

ngemeng2 biaya serpisnya itu berapa bro? Hehe

Djangan Pakies said...

Yups pengalaman lebih bermakna daripada teori
....
OOT:
@Kang Adit BI: biar cepet adem leptopnya dimasukkan almari es hhhh

Agenda ibu rumah tangga said...

wah, kalo mau beli laptop bisa minta saran nih

Vivieck said...

wah...baru tau nih.....
untung aja sampean gak nipu..hehe
sib deh....usaha yg cukup berat...

ARaLL said...

thanks..udah share ilmunya..makin mantap aja nih blog..

febriosw said...

Hehehe. Pasti yang punya laptop langsung melayang malu. Sy jadi ingat mobil orang tua sy waktu sy masih kecil. Mobil tua keluaran Honda itu kipasnya nyala hanya pas mesin panas. Setelah mesin dingin dan mengembun langsung mati lagi kipasnya.

Catatan Cahaya said...

OWGHH... BGONo pNtesan kemaren CPU juga gtu baru 7 menitan dipake browsing langsung mati.


Eh pas dinyalain tapi gak di buat browsing apa-apa lancar hehehhee.... tapi emang udah berkali - kali dibenrin kadnag bGonO hehhee...

Maksh iniinfonya kerenzz

Post a Comment