Kelebihan Multimeter Analog


Advertisement
Pada artikel terdahulu saya sudah pernah membahas tentang pengertian multimeter, yaitu tentang multimeter digital dan multimeter analog yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Disini akan kita bahas lagi tentang multimeter, khususnya kelebihan dari penggunaan multimeter analog.

Multimeter analaog mempunyai tampilan yang simpel, sehingga memudahkan pembacaan saat melakukan pengukuran. Selain itu, sesuai dengan namanya multimeter analog menurut saya benar-benar multi fungsi. Contohnya pada opsi pengukuran Ohm, opsi ini dapat dipakai untuk mengukur resistor, mengetest capasitor, mengukur jalur suatu sambungan, mengukur fbt, dll.

Berbeda dengan multimeter analog, pada multimeter digital memang memiliki fitur pengukuran yang lebih terperinci dan modern. Tapi untuk saya pribadi, sangat jarang menggunakan multimeter digital untuk service, karena sepertinya ribet dan tidak terbiasa. Kecuali pada pengukuran yang memerlukan ketelitian tinggi, multimeter digital baru digunakan.

Advertisement

{ 10 Comments... read them below or add one }

sibutiz said...

wach,makasih atas share nya ya ka....

genial said...

xixixixix.. kang... >>> pengukuran Ohm, opsi ini dapat dipakai untuk mengukur resistor, mengetest capasitor, mengukur jalur suatu sambungan, mengukur fbt,... <<< itu ajja saiia gag ngerti kang :( gmn bisa ngebayangin multimeter ini :(

pakeko said...

Untuk yang hobi elektronik, sangat menarik nih...

wits said...

bener klo penggunany merasa simpel dg multimeter analog, knp jg hrs maksain pake yg digital, hehe

sibutiz said...

mampir lagi sini..
belum ada yang baru ya ka...
makasih.

Blog Sepakbola said...

Terus terang saya gak begitu mengerti :-)
Multimeter Analog.. Multimeter Analog...
akan saya ingat2, siapa tahu kelak butuh benda ini

Gaphe said...

Dulu pernah diajarin make multimeter (sama kayak multitester kan ya?), tapi sekarang udah lupa gimana..
kayaknya yang digital lebih enak buat pemula deh :D

Free money said...

Free 0,01$ to your LR!!!! PROF!!!!!

Bali Property said...

makasih sherennya, tapi saya kurang ngerti dengan hal-hal begituan, mungkin kurang berbakat atau belum begitu menggelutinya.

C@RBON*ho5 said...

tul... Yg analaog lebih simpel dan cepat untuk pengukuran sekelas tehnisi pemula dan modern, saya sendiri menggunakannya ampai sekarang,meskipun saya punya multy tester digital yg gak pernah tak pakai...malah sekarang rusak?

Post a Comment